Proses Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Memecahkan Masalah SPLDV Berbasis Multikultural Kelas X di SMK Negeri 6 Jember

Safitri, Rieke Nur (2022) Proses Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Memecahkan Masalah SPLDV Berbasis Multikultural Kelas X di SMK Negeri 6 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIEKE NUR SAFITRI_T20197153.pdf

Download (6MB)

Abstract

Rieke Nur Safitri, 2022. Proses Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Memecahkan Masalah SPLDV Berbasis Multikultural Kelas X di SMK Negeri 6 Jember.
Kata kunci: proses berpikir tingkat tinggi, pemecahan masalah, SPLDV berbasis multikultural
Kurikulum Merdeka Belajar menekankan pada pembentukan pola pikir siswa dalam berpikir tingkat tinggi dan terdapat faktor pendukung yang terbagi menjadi dua: pertama, faktor internal yaitu adanya keberagaman nilai toleransi sehingga guru harus mempunyai nilai toleransi yang tinggi. Kedua, faktor eksternal yaitu penanaman nilai multikultural. Multikultural perlu diintegrasikan dalam pembelajaran sehingga siswa dapat memahami makna multikultural di setiap pembelajaran. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dan pengetahuan matematika dibutuhkan dalam memecahkan suatu masalah. Materi matematika yang sering digunakan dalam pemecahan masalah adalah SPLDV.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana proses berpikir tingkat tinggi siswa dalam memecahkan masalah SPLDV berbasis multikultural?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir tingkat tinggi siswa dalam memecahkan masalah SPLDV berbasis multikultural.
Penenitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana (2014) yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data, menyajikan data, dan menarik simpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Menganalisis Proses Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Memecahkan Masalah SPLDV Berbasis Multikultural Kelas X di SMK Negeri 6 Jember.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa subjek dapat dinyatakan memenuhi indikator level analisis dilihat dari subjek mampu menganalisis masalah dengan membedakan informasi penting dan tidak penting, mampu mengorganisasikan atau menggolongkan informasi yang diperoleh menjadi struktur baru yang koheren dan siswa mampu menghubungkan bagian-bagian yang ada ke dalam suatu permasalahan. Subjek dapat dinyatakan memenuhi indikator level evaluasi dilihat dari subjek mampu memeriksa fakta-fakta yang diperoleh dan mampu mengkritisi yang kurang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Rieke Nur Safitri
Date Deposited: 04 Jan 2023 09:21
Last Modified: 04 Jan 2023 09:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16452

Actions (login required)

View Item View Item