Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha dalam Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Oktaviana, Nisa (2022) Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha dalam Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NISA OKTAVIANA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Nisa Oktaviana, 2022: Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha dalam Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Kata Kunci: Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha, Pembentukan Karakter
Penyelenggaraan suatu pembelajaran sebenarnya tidak hanya sekedar penyampaian materi ataupun pemberian bahan ajar serta teori-teori saja, akan tetapi pendidikan dan pembelajaran. Siswa di MTs Negeri 3 Jember ini rata-rata berusia 12 sampai 14 Tahun dan termasuk dalam masa remaja, masa kebingungan dan ketidakpastian. Permasalahan-permasalahan yang terjadi di lingkungan sekolah yang berkaitan dengan kehidupan peserta didik dapat diberikan solusi salah satunya yaitu dengan kegiatan sholat dhuha, karena dengan kegiatan sholat dhuha banyak faedah dan manfaat dalam pembentukan karakter siswa. Hal ini merupakan salah satu upaya dalam membantu permasalahan remaja dengan mementuk karakter religius sesuai dengan nilai-nilai karakter yang ada. Oleh karena itu pendidikan karakter disini sanggat diperlukan demi kehidupan pendidikan yang lebih baik lagi.
Fokus pada penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Di MTs Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 ? 2) Bagaimana Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di MTs Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa Di MTs Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?
Tujuan dalam penelitian ini meliputi: 1) Untuk Mendeskripsikan Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Di MTs Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 2) Untuk Mendeskripsikan Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di MTs Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 3) Untuk Mendeskripsikan Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa Di MTs Negeri 3 Jember Pada Tahun Pelajaran 2022/2023
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah model Miles Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan trigulasi sumber dan trigulasi tehnik.
Hasil penelitian ini adalah 1. Implementasi sholat dhuha dalam pembentukan karakter religius siswa yaitu siswa dapat mengamalkan nilai-nilai karakter religius itu sendiri. contoh kecilnya dalam kehidupan sehari-hari di sekolah siswa dapat berprilaku sopan-santun kepada guru dan juga saling menghormati terhadap teman, dan juga dampak yang paling signifikan pendidikan di MTs Negeri 3 jember ini tidak hanya maju dalam segi ilmu umum akan tetapi juga maju dalam segi religiusnya. 2. Siswa dapat melatih kedisiplinannya. Dengan terjadwalnya sholat dhuha pada pagi hari maka siswa brangkat lebih pagi dari sekolah pada biasanya. Hukuman jika siswa tidak mengikuti sholat dhuha yang relevan dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang diharapkan sekolah. Contoh kecil hukumannya yaitu dengan menghafal surah-surah pendek, atau melaksanakn sholat dhuha sendiri, atau dengan memungut sampah. 3. Pembentukan karakter tanggung jawab memang benar-benar membutuhkan suatu metode pembiasaan. siswa dapat terlatih dan tertanam nilai karakter tanggung jawab dari pembiasaan yang dilakukan di sekolah MTs Negeri 3 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Nisa Oktaviana
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:55
Last Modified: 05 Jan 2023 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16456

Actions (login required)

View Item View Item