Pembelajaran Kitab Taisir Mushthalah Al Hadits di Madrasah Aliyah Al Barokah An-Nur Ajung Tahun Pelajaran 2019/2020

Mukaromah, Inayatul (2020) Pembelajaran Kitab Taisir Mushthalah Al Hadits di Madrasah Aliyah Al Barokah An-Nur Ajung Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Inayatul Mukaromah_T20151195.pdf

Download (1MB)

Abstract

terapkan di mata pelajaran formal yang mana jarang sekali di terapkan di sekolah lain pada umumnya.Manfaat mempelajari ilmu hadis ini untuk membedakan sehat atau cacatnya suatu riwayat hadis. Tujuan peserta didik di beri materi ini supaya nantinya jika sudah terjun ke masyarakat telah memiliki bekal yang dapat di jadikan sebagai pedoman hidup setelah Al-Qur’an. Pembelajaran ini diharapkan dapat menumbuhkan kecerdasan siswa melalui materi yang berkaitan dengan menerapkan beberapa metode yang menunjang. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaiman proses pembelajaran kitab taisir mushthalah al hadits di Madrasah Aliyah Al Barokah An-Nur Ajung Tahun Pelajaran 2019/2020?, 2) Bagaimana cara megatasi kendala saat proses pembelajaran kitab taisir mushthalah al hadits di Madrasah Aliyah Al Barokah An-Nur Ajung Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran kitab taisir mushthalah al hadits di Madrasah Aliyah Al Barokah An-Nur Ajung Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Mendeskripsikan cara mengatasi kendala saat proses pembelajaran kitab taisir mushthalah al haditsdi Madrasah Aliyah Al Barokah An-Nur Ajung Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif jenis field research- Studi Kasus. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan metode purposive, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model Miles dan Hubarmen dengan langkah-langkah yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber . Hasil penelitian ini adalah: 1) proses pembelajaran kitab taisir mushthalah al haditsdi Madrasah Aliyah al Barokah An-Nur Ajung yaitu a) kegiatan pembiasaan b) metode ceramah, c) metode tanya jawab, d) metode diskusi Contohnya pembiasaan disiplin masuk kelas tepat waktu, pembiasaan jujur mengerjakan PR di pondok, pembiasaan sopan saat berbicara dengan yang lebih tua. 2) cara mengatasi kendala saat proses pembelajaran kitab taisir mushthalah al hadits yaitu dengana) evaluasi bulanan melalui ulangan b) pembaharuan metode.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 16 Mar 2021 08:25
Last Modified: 16 Mar 2021 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item View Item