Analisis strategi meminimalisir piutang tak tertagih pada UD. MAYOA

Habibi, Firdaus (2022) Analisis strategi meminimalisir piutang tak tertagih pada UD. MAYOA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI HABIBI FIRDAUS E20183031 AKUNTANSI SYARIAH.pdf

Download (38MB)

Abstract

Habibi Firdaus. 2022. Analisis Strategi Meminimalisir Piutang Tak Tertagih Pada UD. MAYOA.
UD. MAYOA adalah usaha yang bergerak pada sektor perdagangan kayu dimana membeli kayu dari para pedagang kayu sekitar dan megelohnya menjadi kayu siap jual. Sistem perdagangan atau penjualan kayu di UD. MAYOA menggunakan sistem penjualan secara kredit, kayu dikirimke pabrik/pembeli kemudian oleh pabrik dilakukan teli dan kemudian dibayar. Namun dalam sistem penjualan secara kredit tidak menutup kemungkinan terjadinya piutang tak tertagih. Piutang tak tertagih bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor internal dan faktor enksternal. Oleh karena itu perlunya adanya strategi yang harus diambiloleh pihak UD. MAYOA agar piutang tak tertagih dapat diminimalisir.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: 1) Apa saja yang menjadi faktor-faktor penyebab terjadinya piutang tak tertagih di UD. MAYOA? 2) Bagaimana strategi meminimalisir terjadinya piutang tak tertagih di UD.MAYOA?.
Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab terjadinya piutang tak tertagih di UD. MAYOA, 2) Untuk mengetahui bagaimana strategi meminimalisir terjadinya piutang tak tertagih di UD.MAYOA.
Untuk menjawab fokus penelitian diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya piutang tak tertagih disebabkan oleh; 1) faktor internal, a. Tidak ada staf khusus dalam menangani masalah piutang, b. Terlalu mudah memberikan kredit. 2) faktor eksternal, 1) Niatan buruk untuk tidak melunasi piutang tersebut, 2) menurunnya kondisi ekonomi, dan 3) Kegagalan debitur dalammelakukan usaha. Adapun strategi yang diambil oleh UD. MAYOA untuk meminimalisir piutang tak tertagih yaitu; 1) melakukan follow up, 2) melakukan penagihan secara agresif, dan 3) meberikan limit kredit.

Kata Kunci: Piutang, Piutang Tak Tertagih, dan UD. MAYOA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr. Habibi Firdaus
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:21
Last Modified: 05 Jan 2023 02:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16462

Actions (login required)

View Item View Item