Fatmawati Rani Iis, 085810134019 (2022) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX DI MTs AL-FIRDAUS

Fatmawati, Rani Iis (2022) Fatmawati Rani Iis, 085810134019 (2022) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX DI MTs AL-FIRDAUS. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Watermark RANI IIS FATMAWATI _T20189076.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: bimbingan belajar, dan hasil belajar.

Siswa kelas IX di MTs Al- Firdaus dalam memahami materi sangat beragam. Ada yang cepat, ada yang normal (tidak cepat dan tidak juga lambat), dan ada pula yang lambat. Untuk siswa yang lambat dalam memahami materi, dia akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru, sehingga hasil belajar yang diperolehnya belum maksimal atau masih rendah. Maka perlu adanya bimbingan belajar. Bimbingan belajar merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa. Bimbingan belajar adalah upaya yang dilakukan guru dalam membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran dengan semaksimal mungkin. Guru membantu siswa memecahkan masalah atau kesulitan yang di alami selama pembelajaran, Biasanya guru memberikan jam tambahan pada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran tersebut. Agar memperoleh hasil belajar yang baik dari sebelumnya, hasil belajar ini dapat di lihat dari nilai tugas, ujian dan nilai rapor. Diharapkan dapat meningkatkan proses pembelajaran tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di MTs Al-Firdaus.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian menggunakan eksperimen semu dengan desain Pre Test Post Test Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest posttest, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji wilcoxon.
Hasil dari penelitian ini adalah dilihat dari output "Test Statistic" dapat diketahui Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,001 dan 0,000. Karena nilai 0,001 dan
0,000 leih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05) / (0,000 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa "hipotesis diterima". Artinya "ada pengaruh bimbingan belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di MTs Al- Firdaus". Adanya pengaruh positif antara program bimbingan belajar dan hasil belajar memberikan implikasi terhadap pengelolaan bimbingan belajar di sekolah untuk lebih optimal, kemudian memberikan evaluasi terhadap program
Bimibingan belajar agar lebih diperhatikan dan dikembangkan. Selain untuk memberikan kesadaran pada stakeholder yang ada untuk dapat melaksanakan program dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Rani Iis Fatmawati
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:15
Last Modified: 05 Jan 2023 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16469

Actions (login required)

View Item View Item