Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan pada Rumah Batik Rolla dan Batik Damas Jember

Muhamad, Bahrudin (2022) Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan pada Rumah Batik Rolla dan Batik Damas Jember. Diploma thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Muhamad Bahrudin E20183110.pdf

Download (4MB)

Abstract

Muhamad Bahrudin, Dr. Nur Ika Mauliyah, S.E., M.Ak. 2022. Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan pada Rumah Batik Rolla dan Batik Damas Jember.

Kementerian perindustrian mencatat bahwa industri batik memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia. Industri batik yang terdapat di Indonesia menghasilkan pendapatan yang signifikan. Peran Sistem Informasi Akuntansi (SIA) pada perusahaan-perusahaan di Indonesia merupakan suatu hal penting dan diperlukan oleh manajemen perusahaan guna memberikan informasi yang berhubungan dengan laporan keuangan untuk mengukur bentuk kegiatan yang terjadi pada perusahaan. Dengan adanya penerapan SIA yang baik dan sesuai maka akan dapat meningkatkan kinerja dan kualitas perusahaan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana prosedur penjualan pada Rumah Batik Rolla dan Batik Damas Jember?, 2) Bagaimana penerapan sistem informasi akuntansi penjualan pada Rumah Batik Rolla dan Batik Damas Jember?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui prosedur penjualan pada Rumah Batik Rolla dan Batik Damas Jember. 2) Untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi penjualan pada Rumah Batik Rolla dan Batik Damas Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif dengan membandingkan antara teori yang ada dengan kenyataan yang terjadi pada Batik Rolla dan Batik Damas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga jenis analisis yaitu: reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi pada sumber lain yang dapat dipertanggungjawabkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Prosedur penjualan pada Batik Rolla dan Batik Damas yaitu dimulai dari bagian penjualan mendapat dan menerima order atau pesanan dari pelanggan dan menyiapkan barang yang akan diserahkan. Kemudin bagian administrasi menerima pembayaran dari pembeli lalu menyerahkan barang kepada pembeli kemudian memberikan tanda bukti pembelian berupa nota/kwitansi dan bagian pencatatan mencatat hasil transaksi penjualan yang telah terjadi. 2) Hasil penelitian mengenai penerapan sistem informasi akuntansi penjualan pada Batik Rolla dan Batik Damas masih terdapat ketidaksesuaian antara teori yang digunakan dengan kenyataan yang terjadi. Dimana pada 4 (empat) komponen sistem akuntansi yang terdapat pada teori yang digunakan masih belum sesuai dengan kondisi yang terjadi pada Batik Rolla. Sedangkan pada Batik Damas sendiri dari 4 (empat) komponen sistem akuntansi yang dipakai, pada komponen fungsi yang terkait sudah terdapat kesesuaian.

Kata kunci: Sistem Informasi Akuntansi Penjualan, Batik Rolla, Batik Damas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr. Muhamad Bahrudin
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:23
Last Modified: 05 Jan 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16472

Actions (login required)

View Item View Item