Pengembangan Pop-up book Berbasis CTL Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Virus Untuk Siswa Kelas X IPA DI SMAN Rambipuji Jember Tahun Ajaran 2022-2023

Syafi'iyah, Aisyah Icawila (2022) Pengembangan Pop-up book Berbasis CTL Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Virus Untuk Siswa Kelas X IPA DI SMAN Rambipuji Jember Tahun Ajaran 2022-2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Aisyah Icawila s. Skripsi T20188013 fix watermak.pdf

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahua yang sangat pesat saat ini, mengharuskan sekolah menyiapkan dan mengembangkan media pembelajaran, Biologi merupakan bidang studi yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Sehingga, komponen materi didalamnya dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari sebagai dasar untuk memecahkan masalah yang ada dilingkungan sekitar. Namun dalam proses pembelajaran pasti ada permasalahan yang dihadapi, berdasarkan wawancara guru biologi SMAN Rambipuji Jember, sumber belajar yang berbasis CTL untuk menambah wawasan siswa dan mendapatkan pengalaman yang nyata atau konkrit yang disajikan disekolah sangat minim maka perlu untuk dikembangkan sumber belajar berupa Pop-up book berbasis CTL.
Rumusan masalah yang diteliti adalah 1) Bagaimana Kevalidan Pop-up book berbasis CTL?, 2) bagaimana Respon Siswa Terhadap Pop-up book berbasis CTL?, 3) Bagaimana Kefektivan Pop-up book berbasis CTL? Dan Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kevalidan,2) untuk mendeskripsikan respon siswa, 3) untuk mendeskripsikan keefektifan Pop-up book berbasis CTL.
Jenis penelitian ini adalah Research and Developmen (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahap yaitu: (1) Analysis;(2) Design;(3) Development;(4) Implementation;(5) Evaluation. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X 1-X 4 SMAN Rambipuji Jember untuk sampelnya yaitu kelas X 2 dan X 4. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yakni angket, tes, Observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pop-up book berbasis CTL dinyatakan sangat Valid digunakan dengan presentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 97%, kevalidan media oleh ahli media sebesar 90,58%, kevalidan Bahasa oleh ahli Bahasa sebesar 98,18% dan kevalidan oleh guru Biologi sebesar 95,78.(2) Hasil uji respon siswa terhadap pop-up book berbasis CTL didapatkan nilai presentase sebesar 86,83% untuk uji skala kecil masuk pada kategori “sangat menarik” dan 87,05% untuk uji skala besar masuk pada kategori”sangat menarik”. (3) hasil uji nilai postest kelas kontrol dan eksperimen menggunakan uji t diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,010<0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil postest siswa yang menggunakan Pop-up book dan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Pop-up book. kemudian dilanjutkan uji N-Gain untuk mengetahui keefektivan produk yang mana didapatkan hasil N-Gain 65,1 Sehingga pop-up book bebrasis CTL dapat dikatakan cukup efektif dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Pop-up book Berbasis CTL, Media Pembelajaran Biologi, MateriVirus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060506 Virology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Aisyah Icawila Syafi'iyah
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:08
Last Modified: 05 Jan 2023 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16473

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item