PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURE (Analyze learner characteristics, State performance objectives, Select, methods, media, and materials, Utilize materials, Requires learner participation, Evaluasi and revise) DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Nur, Holila PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURE (Analyze learner characteristics, State performance objectives, Select, methods, media, and materials, Utilize materials, Requires learner participation, Evaluasi and revise) DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Jurnal uin.

[img] Text
NUR HOLILA NIM T20181266.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran guru harus memiliki cara yang baik dalam mengajar, sehingga pembelajaran tidak terkesan jenuh dan dapat dikatakan efektif. Dan juga guru harus memiliki metode atau model pembelajaran yang baik, agar peserta didik terlibat aktif ketika proses pembelajaran dan mudah memahami materi pelajaran. Penerapan model pembelajaran ASSURE ini merupakan upaya yang dilakukan oleh guru agar peserta didik mampu meningkatkan pemahaman terhadap materi pembelajaran.
Berdasarkan latarbelakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah, 1) bagaimana perencanaan model pembelajaran ASSURE dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022-2023, 2) bagaimana pelaksanaan model pembelajaran ASSURE dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022-2023, 3) bagaimana evaluasi model pembelajaran ASSURE dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022-2023. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk 1) untuk mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran ASSURE dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022-2023, 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran ASSURE dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022-2023, 3) untuk mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran ASSURE dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022-2023.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian : 1) pada penerapan model pembelajaran ASSURE terdapat RPE, Prota, Promes, Silabus, dan RPP. 2) pada pelaksanaan model pembelajaran ASSURE terdapat analisis karakteristik, menetapkan tujuan, memilih metode media, dan bahan ajar, memanfaatkan media dan bahan ajar, melibatkan peserta didik, evaluasi dan revisi. 3) pada evaluasi model pembelajaran ASSURE guru menggunakan tes tulis dan tes menghafal yang mana pada evaluasi tersebut menunjukkan keberhasil dalam penerapan model pembelajaran ASSURE pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: Ms Nur Holila
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:46
Last Modified: 05 Jan 2023 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16479

Actions (login required)

View Item View Item