Pembelajaran Terjemah Al-Qur’an Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kelas IV di Madrasah Aliyah Al Falah Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Faizah, Nurul faizah (2022) Pembelajaran Terjemah Al-Qur’an Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kelas IV di Madrasah Aliyah Al Falah Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FAIZA Watermak.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nurul Faizah, 2022. Pembelajaran Terjemah Al-Qur’an Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler kelas IV di MA Al-Falah Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.

Pembelajaran terjemah Alquran melalui kegiatan ekstrakurikuler kelas 4 di ma al-falah Wuluhan Jember ini adalah proses belajar mengajar menerjemahkan Alquran ke dalam bahasa lain dengan menggunakan metode pptq safinda yang sudah diterapkan sejak tahun 2021. Proses pembelajaran ini terletak pada saat kegiatan ekstrakurikuler berlangsung dan diajarkan oleh tutor yang berasal dari santri lulusan Alfiah di ponpes Al Falah Putri Wuluhan Jember. Program terjemah Alquran ini juga memiliki pembelajaran mengenai ilmu nahwu shorof yang sesuai
dengan tingkatan juznya. Pembelajaran berjamaah Alquran ini jika dilihat sebagai peningkatan kualitas peserta didik dalam mempelajari terjemah Alquran dan ilmu nahwu shorof yang terkandung dalam Alquran di bidang akademis.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Apa Tujuan Pembelajaran Terjemah Al Quran Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kelas 4 di MA Al-Falah Wuluhan Jember tahun pelajaran 2022-2023. 2) Apa materi Pembelajaran Terjemah Al Quran Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kelas 4 di MA Al-Falah Wuluhan Jember tahun pelajaran 2022-2023. 3) Bagaiamana Langkah Langkah Pembelajaran Terjemah Al Quran Melalui Kegiatan
Ekstrakurikuler Kelas 4 di MA Al-Falah Wuluhan Jember tahun pelajaran 2022-2023. 4) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Terjemah Al Quran Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kelas 4 di MA Al-Falah Wuluhan Jember tahun pelajaran 2022- 2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskrptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada pengujian keabsahan data, peneliti menggunaka triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian dari pembelajaran terjemah Alquran melalui kegiatan ekstrakurikuler di mana Al Falah Wuluhan Jember tahun pelajaran 2022-2023 yaitu : 1) Tujuan pembelajaran terjemah Alquran adalah agar peserta didik mampu menerjemahkan dengan baik dan benar, dan juga mampu menganalisis ilmu nahwu shorof yang ada di dalam Alquran.2) .materi yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah materi terjemah Alquran PPTQ. 3) Langkah-langkah pembelajaran terjemah Al Qur‟an diawali dengan membuka pelajaran berupa salam, doa dan pengecekan absensi, selanjutnya adalah menerjemahkan Alquran dengan cara membaca kosakata yang berwarna merah terlebih dahulu dan diulang secara tiga kali dari ayat-ayat selanjutnya menafsirkan ayat secara singkat dan mengulas materi nahwu sorof yang ada di buku panduan materi tambahan MFQ. Selanjutnya pembelajaran ditutup dengan doa dan salam.. 4) Evaluasi dalam pembelajaran terjemah Alquran ini meliputi penilaian menggunakan teknik formatif dengan jenis tes lisan.

Kata Kunci : Pembelajaran Terjemah Al-Qur‟an, Kegiatan Ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Nurul Faizah Soewandy
Date Deposited: 05 Jan 2023 09:11
Last Modified: 05 Jan 2023 09:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16484

Actions (login required)

View Item View Item