Pengaruh Model Pembelajaran ICARE terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Unggulan pada Materi Pola Barisan Bilangan di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi

Azizah, Iva Nur (2022) Pengaruh Model Pembelajaran ICARE terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Unggulan pada Materi Pola Barisan Bilangan di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI IVA NUR AZIZAH.pdf

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat melengkapi kekurangan model pembelajaran sebelumnya adalah model pembelajaran ICARE.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan (treatment) menggunakan model pembelajaran ICARE. 2) Mengetahui adakah pengaruh dari model pembelajaran ICARE terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII unggulan pada materi pola barisan bilangan di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi. 3) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ICARE pada materi pola barisan bilangan di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi.
Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan pendekatan kuantitatif. Design yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII unggulan SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi tahun ajaran 2022/2023, dan sampel penelitiannya adalah kelas VIII unggulan A yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi dan angket respon siswa. Data berupa tes hasil belajar dianalisis menggunakan distribusi frekuensi dan uji-T, data observasi aktivitas siswa dianalisis secara deskriptif, dan data berupa angket dianalisis dengan menggunakan presentase,
Dari hasil analisis diperoleh temuan sebagai berikut: 1) Skor pre-test berkisar antara 19 sampai 65, sedangkan hasil post-test berkisar 61 sampai 93. 2) Berdasarkan hasil analisis uji-T diperoleh nilai Thitung = 4,359, kemudian dengan db 19 dan derajat signifikasi 0,05 diperoleh nilai Ttabel = 2,093. Hal ini mengakibatkan nilai Thitung > Ttabel, dari sini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ICARE berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII unggulan pada materi pola barisan bilangan di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo. Dan dari hasil analisis terlihat bahwa secara keseluruhan aktivitas kelompok siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ICARE adalah baik. 3) Hasil perhitungan angket dengan menggunakan rumus presentase, diperoleh rata-rata skor tanggapan siswa adalah 78,35, dimana berdasarkan tolak ukur kategori presentase masuk pada kategori baik.

Kata Kunci: Model pembelajaran ICARE, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Iva Nur Azizah
Date Deposited: 05 Jan 2023 09:15
Last Modified: 05 Jan 2023 09:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16485

Actions (login required)

View Item View Item