Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur‘ān di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023

Nurrahmah, Shafqiyatul Laili Nurrahmah (2022) Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur‘ān di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Khas Jember.

[img] Text
Shafqyatul Laili Nurrahmah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Shafqyatul Laili Nurrahmah, 2022: Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al- Qur‘ān di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023

Pondok pesantren Al-Ishlah Bondowoso merupakan salah satu pondok modern dengan menjadikan pembelajaran tahfiżul Qur‘ān sebagai mata pelajaran wajib yang masuk ke dalam KBM dan bukan menjadi pilihan ektrakulikuler. Metode talaqqi merupakan metode klasikal yang hanya bisa digunakan dengan peserta didik yang jumlahnya tidak lebih dari 5 anak dalam 1 kelas dan dengan 1 pendidik. Metode talaqqi dikatakan baik digunakan dalam metode menghafal Al-Qur‘ān karena, sebelum santriwati menghafal Ustādhah akan membaca terlebih dahulu agar santriwati dapat menirukan bacaan Ustādhah dengan benar.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan menghafal Al-Qur‘ān menggunakan metode talaqqi bagi santriwati kelas VIII B di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso? 2) Bagaimana pelaksanaan metode Talaqqi dalam menghafal Al-Qur‘ān bagi santriwati kelas VIII B di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso? 3) Bagaimana evaluasi menghafal Al-Qur‘ān menggunakan metode talqqi bagi santriwati kelas VIII B di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan menghafal Al-Qur‘ān menggunakan metode talaqqi bagi santriwati kelas VIII B di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Talaqqi dalam menghafal Al-Qur‘ān bagi santriwati kelas VIII B di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi menghafal Al-Qur‘ān menggunakan metode talqqi bagi santriwati kelas VIII B di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Subjek penelitian menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada konsep Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi teknik.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencaan dalam menghafal Al- Qur‘ān menggunakan metode talaqqi yaitu pembuatan silabus yang dilakukan oleh Ustādh senior dan penentuan Ustādhah pembimbing Tahfiż disetiap kelasnya. Serta perencanaan santriwati yang menghafal Al-Qur‘ān diluar KBM dengan tujuan tidak tertinggal hafalannya. 2) Pelaksanaan metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur‘ān di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso yaitu Ustādhah membaca terlebih dahulu santriwati kelas VIII B mendengarkan dengan memperhatikan Al-Qur‘ān serta bacaan Ustādhah yang kemudian diikuti oleh santriwati kelas VIII B sebanyak tiga kali disetiap ayatnya, setelah Ustādhah memberi contoh bacaan dan santriwati mengikuti bacaan Ustādhah, ayat Al-Qur‘ān dibaca kembali dari awal bersama- sama. 3) Evaluasi menghafal Al-Qur‘ān menggunakan metode talaqqi yaitu pihak KMI mengadakan murojaah satu minggu dua kali yang dilakukan setiap hari senin dan kamis, evaluasi yang dilakukan dipertengahan semester yaitu Murojaah aam dan evaluasi yang dilakukan diakhir semester atau disebuat dengan ujian akhir semester (UAS).
Kata Kunci: Metode Talaqqi, Menghafal Al-Qur‘ān

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Shafqiyatul Laili Nurrahmah Nurrahmah
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:27
Last Modified: 06 Jan 2023 01:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16486

Actions (login required)

View Item View Item