Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Rata-rata Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs N 1 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Febriyanti, Afifah (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Rata-rata Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs N 1 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI AFIFAH FEBRIYANTI.pdf

Download (9MB)

Abstract

Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah dikarenakan dalam proses pembelajaran tidak sedikit yang masih menggunakan pembelajaran yang berpusat pada guru dengan komunikasi satu arah sehingga menyebabkan siswa tidak aktif dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang kurang maksimal.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa eksperimen dan siswa kontrol sebelum diterapkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi rata-rata kelas VIII Mts N 1 Jember. 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa eksperimen dan siswa kontrol setelah diterapkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi rata-rata kelas VIII Mts N 1 Jember. 3) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah pada materi rata-rata terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs N 1 jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif true eksperimental design bentuk two group Pre-testt-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di MTs N 1 Jember yang berjumlah 251 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampelnya yaitu kelas VIII A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan Independent Sampel T-test.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan siswa VIII MTs N 1 Jember dikelas eksperimen (VIII A) dengan nilai rata-rata 61,00 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol (VIII B) dengan nilai rata-rata 60,53 dengan kategori tinggi. 2) Hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan siswa VIII MTs N 1 Jember dikelas eksperimen (VIII A) dengan nilai rata-rata 84,03 dengan kategori sangat tinggi dan kelas kontrol (VIII B) dengan nilai rata-rata 71,90 dengan kategori tinggi 3) Hasil belajar siswa kelas VIII MTs N 1 Jember yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunkan model pembelajaran berbasis masalah. Hal ini ditunjukan dari hasil uji Independent Sample t-test dengan sig(2-tailed ) 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan hasil pengujian yang diperoleh ada pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar materi rata-rata siswa kelas VIII di MTs N 1 Jember.
Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms AFIFAH FEBRIYANTI
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:31
Last Modified: 06 Jan 2023 01:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16488

Actions (login required)

View Item View Item