Pemasaran Stratejik Sekolah Dasar Al Baitul Amien 02 Jember

Rusmartiningsih, Entin (2020) Pemasaran Stratejik Sekolah Dasar Al Baitul Amien 02 Jember. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Entin Rusmartiningsih_0849118025.pdf

Download (25MB)

Abstract

Kata Kunci: Pemasaran Stratejik Banyaknya lembaga pendidikan dengan berbagai kelebihan dan program sekolah yang ditawarkan, menuntut sebuah lembaga pendidikan untuk mampu mempertahankan eksistensinya di tengah persaingan akademis dan di tengah masyarakat. Sekolah sebagai lembaga penyedia jasa pendidikan perlu memiliki pemasaran stratejik agar lembaga pendidikan semakin kompetitif. Fokus penelitian ini membahas 1) Bagaimana SD Al Baitul Amien 02 Jember menganalisis lingkungan internal dan eksternalnya?, 2) Bagaimana desain pemasaran stratejik yang dipilih SD Al Baitul Amien 02 Jember?, 3) Bagaimana implementasi pemasaran stratejik yang dilakukan oleh SD Al Baitul Amien 02 Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses SD Al Baitul Amien 02 Jember menganalisis lingkungan internal dan eksternalnya, mendeskripsikan desain strategi pemasaran yang dipilih, serta untuk mendeskripsikan implementasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh SD Al Baitul Amien 02 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang dilakukan secara interaktif dengan data condentation, data display, dan conclusion. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) SD Al Baitul Amien 02 Jember berupaya menganalisis lingkungan internal dan eksternalnya dalam waktu yang sangat cepat, sehingga mereka mampu mengetahui beberapa kekuatan dan kelemahan untuk menghadapi ancaman serta mengambil peluang di masa depan, 2) Lembaga ini memandang masyarakat Kaliwates adalah masyarakat kota yang sebagian besar penduduknya adalah pegawai yang sibuk dengan pekerjaannya, mereka adalah orang tua yang mempertimbangkan religiusitas dan prestasi di berbagai bidang pembelajaran, faktor biaya pendidikan bukan menjadi prioritas utama, hadirnya full day school dengan konsep pembelajaran yang komprehensif sangat cocok bagi perkembangan dan pendidikan anaknya. 3) implementasi pemasaran stratejik di sekolah ini yaitu dengan menempatkan orang – orang yang berusia muda dalam posisi struktural sehingga bisa membawa dampak perubahan budaya yaitu untuk tetap semangat dalam menghadapi perubahan zaman, selain itu pelaksanaan marketing mix (7P) selalu dievaluasi oleh kepala sekolah yang bersinergi dengan LPA dan yayasan masjid jami’ sehingga selalu terjaga kualitas pembelajaran dan layanan kepada semua pengguna jasa pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 17 Mar 2021 02:25
Last Modified: 17 Mar 2021 02:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1649

Actions (login required)

View Item View Item