STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DENGAN METODE OUTING CLASS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PLALANGAN 01 KALISAT TAHUN PELAJARAN 2015-2016

HERMAN JUNAIDI, 084116005 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DENGAN METODE OUTING CLASS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PLALANGAN 01 KALISAT TAHUN PELAJARAN 2015-2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Herman Junaidi. 2016. Strategi Pembelajaran PAI dengan Metode Outing Class
Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Plalangan 01 Kalisat
Tahun Pelajaran 2015-2016.

Motivasi merupakan konsep yang rumit dan berkaitan dengan konsep-
konsep lain seperti minat, konsep diri sikap dan sebagainya. Untuk memperoleh
hasil belajar optimal banyak usaha yang dilakukan khususnya oleh guru di
sekolah. Salah satu metode pembelajaran yang lebih memberdayakan siswa dan
sesuai dengan pembentukan karakter siswa sekolah dasar adalah metode
pembelajaran dengan outing class dengan memanfaatkan halaman sekolah,
perpustakaan, masjid/mushola ataupun lingkungan sekitar sekolah sebagai lokasi
pembelajaran. Metode ini mempunyai beberapa keunggulan, yaitu mendorong
siswa untuk belajar lebih aktif dan ikut berperan dalam kegiatan belajar mengajar,
menerapkan konsep belajar sambil berekreasi (learning by doing and refreshing),
dapat menghilangkan rasa jenuh selama belajar di dalam kelas dan dapat
mengembangkan kehidupan demokrasi dalam dunia pendidikan.
Fokus penelitian dirumuskan sebagai berikut : 1. Bagaimanakah Strategi
Pembelajaran PAI dengan Metode Outing Class untuk Meningkatkan Motivasi
Intrinsik Siswa Kelas IV SDN Plalangan 01 Kalisat Tahun Pelajaran 2015/2016 ?
dan 2. Bagaimanakah Strategi Pembelajaran PAI dengan Metode Outing Class
untuk Meningkatkan Motivasi Ekstrinsik Siswa Kelas IV SDN Plalangan 01
Kalisat Tahun Pelajaran 2015/2016 ?
Tujuan penelitian adalah : 1. Untuk mendiskripkan bagaimanakah
strategi pembelajaran PAI dengan metode Outing Class untuk meningkatkan
motivasi intrinsik siswa kelas IV SDN Plalangan 01 Kalisat Tahun Pelajaran
2015/2016 dan 2. Untuk mendiskripkan bagaimanakah strategi pembelajaran PAI
dengan metode Outing Class untuk meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa kelas
IV SDN Plalangan 01 Kalisat Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan
deskriptif, karena itu dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara dan
studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi
sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis
deskriptif model Miles Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. strategi pembelajaran PAI
dengan metode Outing Class dapat meningkatkan motivasi intrinsik siswa kelas
IV SDN Plalangan 01 Kalisat Tahun Pelajaran 2015/2016 dan 2. Strategi
pembelajaran PAI dengan metode Outing Class dapat meningkatkan motivasi
ekstrinsik siswa kelas IV SDN Plalangan 01 Kalisat Tahun Pelajaran 2015/2016,
dilakukan dengan cara : Baca tulis Al-qur’an, Shalat berjamaah, Pekan Ramadhan
setiap bulan Ramadhan, Memperingati hari besar Islam, Pembinaan Akhlak dan
Praktek dalam meningkatkan ibadah

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN PAI, OUTING CLASS,
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 27 Oct 2017 01:46
Last Modified: 27 Oct 2017 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item