ANALISIS PENERAPAN MOTIVASI DAN KOMPENSASI KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA PT BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG JEMBER

ApriliaAnggraini, Windi (2023) ANALISIS PENERAPAN MOTIVASI DAN KOMPENSASI KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA PT BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddip Jember.

[img] Text
skripsi windi A.A E20181155.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam suatu lembaga pasti memiliki target yang ingin dicapai, oleh karenanya dibutuhkan sumber daya manusia sebagai pelaku utama mendorong pencapaian tersebut, oleh sebab itu perlunya penerapan motivasi dan kompensasi yang berbeda sesuai dengan kemampuan lembaga yang dinaunginya, dengan tujuan sebagai acuan semangat kerja dalam meningkatkan kinerja karyawan. Salah satunya yakni lembaga Perbankan yang ada di Indonesia yang diterapkan oleh PT Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Jember. Motivasi dan kompensasi perlu diberikan untuk karyawan agar mereka memiliki semangat kerja dan kesejahteraan agar tercapainya target yang serta karyawan yang sejahtera.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : 1)Bagaimana penerapan motivasi pada kinerja karyawan PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Jember?. 2)Bagaimana penerapan kompensasi pada kinerja karyawan PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Jember?. 3)Bagaimana implikasi penerapan motivasi dan kompensasi terhadap peningkatan kinerja karyawan PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Jember?.
Tujuan dari Penelitian ini adalah : 1)Untuk mendeskripsikan penerapan motivasi pada kinerja karyawan di PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang jember. 2)Mendeskripsikan penerapan Kompensasi di PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Jember. 3)Untuk mendiskripsikan implikasi penerapan motivasi dan kompensasi terhadap peningkatan kerja Di PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Jember.
Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode informannya menggunakan teknik in-Depth interview. Analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif, serta keabsahan datanya meggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menyimpulkan : Penerapan motivasi yang dilakukan oleh PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Jember kepada karyawannya sudah sangat baik dan sesuai. Kompensasi yang diberikan seperti tunjangan, reward, dan lainnya sudah sesuai dengan peraturan. Motivasi dan kompensasi merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan dan berpengaruh untuk peningkatan kinerja karyawan. Akan tetapi pada bulan Januari – Juni 2022 PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Jember mengalami penurunan kinerja karyawan sebanyak 3% dikarenakan kompensasi bentuk bonus dianggap tidak sesuai oleh sebagian karyawan, akan tetapi pada faktanya bonus yang diberikan sudah sesuai berdasarkan peraturan perusahaan. Oleh sebab itu Bank perlu memberikan pemahaman kembali atas bonus yang diterima agar tidak terjadi kesalah fahaman.

Kata Kunci : hasil kerja, kesejahteraan karyawan, produktivitas kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Anggraini Windi Aprilia
Date Deposited: 05 Jan 2023 09:21
Last Modified: 05 Jan 2023 09:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16502

Actions (login required)

View Item View Item