PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MASA DARING DAN LURING MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI AGAMATAHFIDZ DI MAN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2021-2022

Putri, Erika Oktaviani (2022) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MASA DARING DAN LURING MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI AGAMATAHFIDZ DI MAN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2021-2022. Jurnal UIN.

[img] Other (Skripsi Putri Erika T20181302)
PUTRI ERIKA T20181302

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan pembalajaran pada masa daring ini membuat guru dan siswa sangat keberatan, selain karena kebiasaan dengan pembalajaran secara konvensional, juga terdapat banyak sekali hambatan didalamnya hal tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang menurun. Dengan keadaan new-normal ini sekolah dapat melaksanakan pembelajaran secara tatap muka sesuai dengan protokol kesehatan.
Fokus masalah dalam penelitian ini: 1)Bagaimana Hasil Belajar Siswa Pada Masa Daring? 2)Bagaimana Hasil Belajar Siswa Pada Masa Luring? 3)Apakah terdapat perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Masa Daring dan Luring? 4)Apa saja faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Masa Daring dan Luring?
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan Mix Methods (Kombinasi Kuantitatif dan Kualitatif) dengan jenis penelitian komparatif. Adapun teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan dokumentasi, sedangkan kualitatif menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan aplikasi SPSS26, sedangkan pada data kualitatif peneliti menggunakan analisis data model interaktif Miles dan Huberman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini: 1)Hasil belajar pada masa daring menunjukkan nilai rata-rata secara keseluruhan sebesar 82,26 yang mana jika nilai dikategorisasikan berada pada kategori baik. 2)Hasil belajar siswa pada masa luring menunjukkan nilai rata-rata secara keseluruhan sebesar 85,74 yang mana jika nilai dikategorisasikan berada pada kategori sangat baik. 3)Diperoleh nilai sig=0,000dan taraf signifikansi yang telah ditetapkan sebelumnya adalah α = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena sig. (2-tailed) < α atau (0,000 < 0,05), dengan maksud terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada masa daring dan luring mata pelajaran akidah akhlak kelas XI Agama Tahfidz di MAN Bondowoso tahun pelajaran 2021-2022. 4)aktor yang mempengaruhi hasil belajar: a.pada masa daring: keterbatasan kuota, susah sinyal, pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan satu arah yang hanya mengirim file melalui aplikasi group whatsapp atau e-learning saja, keterbatasan guru dalam melaksanakan penilaian, siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi, kurangnya interaksi antara guru dan murid yang hanya mengirim file tanpa memberikan penjelasan materi. b.Pada masa luring: pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan dua arah guru lebih mudah dalam melaksanakan penilaian, siswa lebih faham dengan materi yang disampaikan, terdapat interaksi yang baik, guru menerapkan metode sersan (serius tapi santai).

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: Miss Putri Erika
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:16
Last Modified: 06 Jan 2023 01:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16533

Actions (login required)

View Item View Item