Peran Guru sebagai Pendidik dalam Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini di RA Darul Himam Ajung Kalisat Jember.

Ummah, Siti Saridatul (2020) Peran Guru sebagai Pendidik dalam Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini di RA Darul Himam Ajung Kalisat Jember. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Siti Saridatul Ummah_T20165105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurangnya pemahaman anak tentang pelecehan dan kekerasan seksual membuat anak hanya diam dan tidak memberi tahukan orangtuanya ketika mengalami hal tersebut. Oleh karena itu, pembicaraan, bimbingan dan arahan berkaitan dengan seks ternyata sangatlah penting disaat anak perkembangan seksual anak. Pendidikan seks sendiri memiliki banyak sekali manfaat.Salah satunya adalah melindungi anak dari berbagai bentuk pelecehan seksual.Penelitian menunjukkan bahwa, pendidikan seks dapat mencegahperilaku seks bebas, kehamilan yang tidak diinginkan, aborsi, pelecehan seksual atau perkosaan, dan mencegah penularan HIV/AIDS. Penelitian ini bertempat di RA Darul Himam Ajung Kalisat Jember, adapun focus penelitian yang peneliti ajukan, 1). Bagaimana konsep pendidikan seks pada anak usia dini di RA Darul Himam Ajung Kalisat Jember? 2) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam pendidikan seks pada anak usia dini di RA Darul Himam Ajung Kalisat Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan konsep pendidikan seks pada anak usia dini di RA Darul Himam Ajung Kalisat Jember, 2) mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam pendidikan seks pada anak usia dini di RA Darul Himam Ajung Kalisat Jember. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles and Huberman dengan langkah menggunakan: reduksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil Penelitian Peran Guru Dalam Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Di RA Darul Himam Ajung Kalisat Jember adalah Pertama, konsep pendidikan seks pada anak usia dini di RA Darul Himam Ajung Kalisat Jember adalah pendidikan seks merupakan upaya yang nyata untuk memberikan pemahaman kepada setiap anak terkait pengetahuan tentang seks secara tepat dan diridhoi Allah SWT. Sehingga akan tertanam akhlak yang mulia dalam setiap sisi kehidupan seperti, akhlak atau etika pergaulan seseorang pria dan wanita, akhlak menjaga aurat, akhlak menjaga pembicaraan dari ucapan pornografi, serta akhlak menjaga pandangan dari panah syahwat dan sebagainya termasuk didalamnya cara berpakaian. Kedua, peran guru sebagai pendidik dalam pendidikan seks pada anak usia dini di RA Darul Himam Ajung Kalisat Jember adalah memberikan pembiasaan untuk anak ketika bersalaman kepada sesama siswa, murid laki-laki dengan sesama laki-laki, murid perempuan dengan sesama perempuan, jika murid perempuan dengan murid laki-laki ataupun sebaliknya, maka cukup memberikan isyarat saja jadi tidak bersentuhan, yang keduanya peserta didik laki-laki dan perempuan tidak boleh pegang-peganan, tidak boleh mengganggu teman lawan jenisnya, kemudian juga dianjurkan di kelas duduk terpisah, tapi tetap satu kelas. Guru sebagai pendidik dalam hal ini memiliki tanggung jawab yang kuat untuk memahamkan peserta didik, posisi sebagai laki-laki maupun perempuan mana yang boleh dilakukan dalam berpakaian maupun yang dilarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 18 Mar 2021 01:54
Last Modified: 18 Mar 2021 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1655

Actions (login required)

View Item View Item