ANALISIS STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL DAN MENENGAH (SAK EMKM) DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA CV. PUSAKA MADURA KECAMATAN BLUTO KABUPATEN SUMENEP

Abrory, Moh. Izar (2022) ANALISIS STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL DAN MENENGAH (SAK EMKM) DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA CV. PUSAKA MADURA KECAMATAN BLUTO KABUPATEN SUMENEP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOH. IZAR ABRORY_E20183136.pdf

Download (3MB)

Abstract

Moh. Izar Abrory, Dr. Hj. Nurul Setianingrum, S.E., M.M. 2022: Analisis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) dalam Penyajian Laporan Keuangan pada CV. Pusaka Madura.

Meski SAK ETAP telah disahkan, namun kebanyakan pelaku UMKM di Indonesia masih belum melakukan pencatatan sesuai dengan SAK ETAP karena masih memiliki kendala dalam implementasinya. Pada tahun 2016 DSAK IAI mengesahkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) dan telah berlaku sejak tanggal 1 Januari 2018. Adanya SAK EMKM yang lebih sederhana, diharapkan EMKM bisa menyusun laporan keuangan sederhana yang digunakan untuk mengembangkan usahanya melalui analisis kecil dalam laporan keuangan mengenai strategi kedepan, membangun kualitas UMKM dalam kegiatan perokomian di Indonesia.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana bentuk laporan keuangan yang disajikan CV. Pusaka Madura? 2) Apakah laporan keuangan yang disajikan CV. Pusaka Madura telah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM)?.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk laporan yang disajikan CV. Pusaka Madura. 2) Untuk mendeskripsikan kesesuaian laporan keuangan yang disajikan CV. Pusaka Madura dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ada 3 orang yakni direktur, karyawan dan bendahara CV. Pusaka Madura. Data di analisis menggunakan teknik analisis deskripsif dan komparatif, keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini memperoleh hasil yakni: 1) Bentuk laporan keuangan yang disajikan oleh CV. Pusaka Madura terdiri dari laporan posisi keuangan dan laba rugi. Laporan keuangan yang disajikan oleh CV. Pusaka Madura sudah cukup baik namun belum sepenuhnya sesusai dengan yang telah ditentukan SAK EMKM. Laporan posisi keuangan yang disajikan CV. Pusaka Madura belum menyajikan akun persediaan, beban dibayar dimuka dan utang bank yang telah dicakup dalam SAK EMKM. 2) Kesesuaian laporan keuangan yang disajikan CV. Pusaka Madura dengan SAK EMKM dinyatakan tidak sesuai. Hal ini dikarena CV. Pusaka Madura tidak menyajikan catatan atas laporan keuangan. Berdasarkan fakta tersebut dapat dipastikan bahwa laporan keuangan yang disajikan CV. Pusaka Madura tidak sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM).

Kata Kunci : SAK EMKM, Laporan Keuangan, UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: MOH. IZAR ABRORY
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:47
Last Modified: 06 Jan 2023 02:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16560

Actions (login required)

View Item View Item