Pembelajaran Fiqih Melalui Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023

Muchlis, Achmad Khoirul (2023) Pembelajaran Fiqih Melalui Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Khoirul Muchlis_T20171062.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh ketertarikan peneliti terhadap model Contextual Teaching And Learning (CTL), model Contextual Teaching And Learning (CTL) merupakan pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran terhadap kehidupan nyata sehingga secara teori akan mendorong siswa untuk memahami nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Pembelajaran ini membantu untuk membentuk karakter yang cerdas secara spiritual. Fokus dalam penelitian adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran fiqih melalui model Contextual Teaching And Learning (CTL) kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso?; 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih melalui model Contextual Teaching And Learning (CTL) kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso?; 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran fiqih melalui model Contextual Teaching And Learning (CTL) kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data mengenai kasus tersebut dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis lebih lanjut yang mengacu pada teknik milik Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik uji keabsahan data dalam penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) perencanaan pembelajaran fiqih meliputi lima unsur, dinataranya a) pendidik menentukan tujuan model Contextual Teaching And Learning (CTL) dan tujuan secara kompetensi, b) pendidik menetapkan materi perawatan jenazah, c) pendidik menetapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), d) pendidik menggunakan buku fiqih siswa saintifik 2020 dan kanal youtube R Channel sebagai sumber belajar e) pendidik menggunakan alat-alat merawat jenazah sebagai media pembelajaran; 2) pelakasanaan pembelajaran yaitu, a) diwali dengan membuka pembelajaran dengan memberi motivasi, apersepsi, dan acuan; b) pendidik menyampaikan materi pelajaran dengan metode ceramah dan memberi referensi lain melalui kanal youtubenya (R Channel); c) pendidik menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL); d) pendidik menutup pembelajaran dengan kesimpulan, refleksi, tanya jawab, berdoa dan salam, 3) evaluasi, evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif dengan jenis tes dan non tes yaitu tes essay dan observasi.
Kata Kunci: Pembelajaran Fiqih, Model Contextual Teaching And Learning
(CTL)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Ms perpustakaan Achmad Khoirul Muchlis
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:11
Last Modified: 09 Jan 2023 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16561

Actions (login required)

View Item View Item