Analisis perbandingan kinerja keuangan bank syariah di indonesia sebelum dan saat pandemi covid-19

Lutfi, Muhammad (2022) Analisis perbandingan kinerja keuangan bank syariah di indonesia sebelum dan saat pandemi covid-19. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Lutfi_E20181083.pdf

Download (984kB)

Abstract

Muhammad Lutfi, 2022: Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah Di Indonesia Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19.

Kinerja bank merupakan gambaran kondisi keuangan bank pada suatu periode tertentu baik dalam aspek penghimpunan dana maupun penyaluran dana. Kinerja bank menunjukkan sesuatu yang berhubungan dengan kekuatan serta kelemahan perusahaan. Kinerja bank dapat diukur dengan menganalisa dan mengevaluasi laporan keuangan suatu bank. Sejak adanya pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak terhadap ke sektor kesehatan, akan tetapi juga ke semua sektor tidak terkecuali sektor keuangan. Salah satunya di sektor keuangan perbankan yang berbasis syariah atau Perbankan Syariah.

Fokus masalah yang diteliti dalam skipsi ini adalah apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan pada Bank Syariah Di Indonesia sebelum dan pada saat Pandemi Covid-19 dilihat dari rasio ROA (Return On Asset), FDR (Financing to Deposit Ratio), NPF (Non Performing Financing), dan BOPO (Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan Bank Syariah Di Indonesia sebelum dan pada saat Pandemi Covid-19 dilihat dari rasio ROA (Return On Asset), FDR (Financing to Deposit Ratio), NPF (Non Performing Financing), dan BOPO (Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional).

Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan Pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis data yang digunakan adalah Paired T-test dan Wiloxon Sign Rank Test.

Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa kinerja keuangan pada rasio ROA (Return On Asset) dan FDR (Financing to Deposit Ratio) tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan pada saat Pandemi Covid-19. Sedangkan pada rasio NPF (Non Performing Financing) dan BOPO (Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional) terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan pada saat Pandemi Covid-19.

Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Bank Syariah dan Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Muhammad Lutfi
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:27
Last Modified: 06 Jan 2023 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16563

Actions (login required)

View Item View Item