PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BUZZ GROUP PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIIIC DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ARGOPURO 2 SUCI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ahmad, Vaisal (2022) PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BUZZ GROUP PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIIIC DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ARGOPURO 2 SUCI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AHMAD VAISAL_T20179010.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Vaisal, 2022, Peningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Buzz Group Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIIIC Di Sekolah Menengah Pertama Argopuro 2 Suci Tahun Ajaran 2022-2023

Kata Kunci : Aktivitas,Hasil Belajar, Buzz Group, Ilmu PengetahuanSosial
Aktivitas dan hasil belajar adalah salah satu unsur terpenting dalam suatu proses pembelajaran. Adapun problematika pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII C di SMP Argopuro 2 Suci, saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa merasa bosan dan mereka juga kesulitan dalam memahami Pelajaran IPS karena materi yang banyak dan kompleks. dikarenakan penggunaan Model pemebelajaran yang masih konvensional. maka untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan dalam proses belajar mengajar, guru harus memiliki Model yang menyenangkan. Salah satunya yaitu Model Buzz Group yang termasuk salah satu model Pembelajaran aktif learning.
Rumusan masalah pada penelitian ini : Tujuan dalam penelitian ini untuk Mendeskripsikan Apakah penggunaan model pembelajaran Buzz Group pada Mata Pelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII C di SMP Argopuro 2 Suci semester ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Mendeskripsikan Apakah penggunaan model pembelajaran Buzz Group pada Mata Pelajaran IPS dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas VIII C di SMP Argopuro 2 Suci semester ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian penelitian tindakan kelas sedangkan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan mix metod. adapun instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. analisis data yang digunakan dengan menggunakan perhitungan rumus yang mencari nilai rata-rata dan persentase. untuk .
adapun hasil dari penelitian ini adalah 1. aktivitas belajar siswa pada siklus 1 dengan skor rata-rata 49% dan persentase 48%, aktivitas guru 61`%. adapun nilai hasil belajar siswa mencapai rata-rata 62%, tingkat ketuntasan klasikal 55%. Pada pelaksanaan siklus 2 nilai ativitas belajar siswa 80% dan persentase 86%, aktivitas guru 87%. adapun nilai hasil belajar siswa mencapai rata-rata 75.5%, tingkat ketuntasan klasikal 86.2%. dari paparan di atas menunjukkan bahwa Model Buzz Group dapat meningkatkan aktvitas siswa dan guru serta meningkatan hasil belalajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ahmad Vaisal Vaisal
Date Deposited: 06 Jan 2023 06:54
Last Modified: 06 Jan 2023 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16574

Actions (login required)

View Item View Item