Analisis Bahan Ajar IPA Pada Topik Klasifikasi Materi Dan Perubahannya Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Dari Aspek Komponen Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM)

Fikriyatun Nihaya, Asya (2022) Analisis Bahan Ajar IPA Pada Topik Klasifikasi Materi Dan Perubahannya Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Dari Aspek Komponen Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM). Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ASYA FIKRIYATUN NIHAYA_T201810023.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam penerapan kurikulum 2013, untuk menerapkan dan mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013 serta sesuai dengan karakteristik siswa, guru harus mampu memilih bahan ajar yang sesuai. Penggunaan bahan ajar tanpa dilakukan kajian atau analisis terlebih dahulu pada akhirnya akan berdampak bagi siswa. Mengingat begitu pentingnya keberadaan dan peran bahan ajar dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, maka perlu dilakukan kajian analisis bahan ajar yang diterapkan dalam pembelajaran di sekolah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana keberadaan aspek STEM dalam bahan ajar IPA pada topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013 ?, 2) Bagaimana kesesuaian bahan ajar IPA pada topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013 dengan aspek STEM ?. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan keberadaan aspek STEM dalam bahan ajar IPA pada topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013, 2) untuk mendeskripsikan kesesuaian bahan ajar IPA pada topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013 dengan aspek STEM.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Unit penelitianya yaitu bahan ajar IPA pada topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013 berdasarkan aspek komponen STEM, yang disusun oleh Jefry Albu Chory mahasiswa Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KH. Achmad Siddiq Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun alat pengumpul data menggunakan lembar analisis keberadaan aspek STEM dan kesesuaian bahan ajar dengan aspek STEM dan lembar ceck-list validasi keberadaan aspek STEM dan kesesuaian bahan ajar dengan aspek STEM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keberadaan seluruh aspek Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) ditemukan pada bahan ajar IPA yang dianalisis. Aspek science ditemukan pada setiap sub topik dalam bahan ajar IPA. Sedangkan aspek technology hanya ditemukan pada 1 sub topik. Aspek engineering hanya ditemukan pada 2 sub topik. Dan aspek mathematics juga hanya ditemukan pada 2 sub topik. 2) Kesesuaian bahan ajar IPA dengan aspek STEM menghasilkan rata-rata 66,5% dengan kategori sesuai dengan aspek STEM. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam bahan ajar IPA yang analisis telah merefleksikan pendekatan STEM, namun masih ada beberapa konsep dalam bahan ajar IPA yang dianalisis perlu dikembangkan kembali agar lebih menampakkan dengan pendekatan STEM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0301 Analytical Chemistry > 030199 Analytical Chemistry not elsewhere classified
09 ENGINEERING > 0904 Chemical Engineering > 090403 Chemical Engineering Design
10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ASYA FIKRIYATUN NIHAYA
Date Deposited: 06 Jan 2023 06:47
Last Modified: 06 Jan 2023 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16576

Actions (login required)

View Item View Item