Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Kompensasi Non Finansial Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Tanggul Jember

Wijayanti, Silvi Ika (2023) Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Kompensasi Non Finansial Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Tanggul Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SILVI IKA WIJAYANTI 2022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kompensasi adalah jumlah keseluruhan dari imbalan yang diterima para karyawan atas jasanya. Kompensasi ini terdiri dari: 1. kompensasi finansial yang meliputi gaji, bonus dan tunjangan yang merupakan sumber penghasilan bagi karyawan dengan adanya pemenuhan kompensasi maka akan mempengaruhi motivasi kerja guna mencapai tujuan organisasi. 2. kompensasi non finansial yang terdiri atas kepuasan yang diterima seseorang dalam pekerjaannya atau dari lingkungan psikologis dan fisik, penjadwalan yang fleksibel yang akan memberikan prioritas tinggi dalam pekerjaannya.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. Apakah ada pengaruh kompensasi finansial dan kompensasi non finansial terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Tanggul Jember secara parsial? 2. Apakah ada pengaruh antara kompensasi finansial dan non finansial terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Tanggul Jember secara simultan?
Tujuan penelitian ini: 1. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara kompensasi finansial dan kompensasi non finansial terhadap kinerja karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Tanggul Jember secara parsial. 2. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara kompensasi finansial dan non finansial terhadap kinerja karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Tanggul Jember secara simultan.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian ini yaitu karyawan Bank Rakyat Indonesia Cabang Tanggul Jember yang berjumlah 25 karyawan. Menggunakan teknik sampling jenuh, teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan mengambil sampel dari seluruh populasi dan menggunakan program SPSS versi 22. Analisis data menggunakan uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji hipotesis.
Kesimpulan 1. penelitian ini secara parsial variabel kompensasi finansial memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi 0,039 < 0,05 dan thitung 2,194 > ttabel 1,717. Untuk variabel kompensasi non finansial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi 0,138 > 0,05 dan thitung 1,541 < thitung 1,717. 2. Secara simultan variabel kompensasi finansial dan kompensasi non finansial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan Fhitung 21,649 > Ftabel 3,44.

Kata Kunci; Kompensasi Finansial; Kompensasi Non Finansial; Kinerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Silvi Ika Wijayanti
Date Deposited: 10 Jan 2023 01:50
Last Modified: 10 Jan 2023 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16578

Actions (login required)

View Item View Item