PERAN GENDER DAN ETIKA PROFESI DALAM PENILAIAN KUALITAS LAPORAN RESTRIBUSI RUMAH DINAS BUDGETERY SLACK DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANYUWANGI

bonita, Octavias (2023) PERAN GENDER DAN ETIKA PROFESI DALAM PENILAIAN KUALITAS LAPORAN RESTRIBUSI RUMAH DINAS BUDGETERY SLACK DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas KH Achmad siddiq.

[img] Text
BonitaOctavias_E20183028.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bonita Octavias, Nurul Setianingrum, S.E., M.M. 2022 : Peran Gender Dan Etika Profesi Terhadap Penilaian Kualitas Laporan Restribusi Rumah Dinas Budgetery Slack di Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi
Dengan adanya fenomena penyimpangan dalam laporan keuangan yang salah satunya adalah budgetery slack. Permasalahan ini kerap dianggap masalah sepele yang nyatanya berdampak besar bagi keberlangsungan suatu lembaga. Adanya penyimpangan laporan keuangan berpengaruh dengan peran gender dan etika profesi yang diterapkan dalam suatu lembaga.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana peran gender dalam pengelolaan laporan keuangan ? (2) Apakah etika profesi mampu dimanfaatkan baik dalam laporan keuangan ? (3) Bagaimana cara lembaga untuk mengatasi dalam pengelolaan laporan keuangan agar terhindar dari budgetery slack?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui sejauh mana peran gender diterapkan dalam pengelolaan laporan keuangan. (2) Untuk memahami etika profesi berlaku dalam pengelolaan laporan keuangan. (3) Untuk mengatahui cara yang digunakan dalam menangani laporan keuangan budgetery slack.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ethonograpy kualitatif. Subjek penelitan ini yaitu laporan keuangan di Dinas Pendidikan di Kabupaten Banyuwangi. Sedangkan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik field research, sampel mulai dari tahun 2021-2022.dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi,observasi, dan analisis data.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel (1) peran gender dalam pengelolaan laporan keuangan sangat berpengaruh karena laporan tidak lepas dari keikut sertaan dari masing masing gender dalam pelaporan keuangan yang bisa mengontrol dan mencatat sesuai kinerja masing masing sesuai hati nurani masing masing gender. (2) Etika profesi berpengaruh terhadap laporan keuangan sebagai batasan batasan dalam suatu profesi, sehingga etika profesi sangat korelasi dengan laporan keuangan. (3) dalam menangani budgetery slack Dinas Pendidikan berusaha mengoptimalkan pendapatan dan menurunkan beban tanpa ada pihak pihak yang dirugikan sehingga laporan keuangan terhindar dari kesenjangan anggaran seperti penanganan restribusi rumah dinas.

Kata Kunci : Peran Gender, Etika Profesi,Laporan Keuangan Rumah Dinas Budgetery Slack

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Bonita Octavias
Date Deposited: 06 Jan 2023 08:16
Last Modified: 06 Jan 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16599

Actions (login required)

View Item View Item