PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA JAWA MATERi UNGGAH-UNGGUH DALAM MEMBANGUN KARAKTER SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA'ARIF 37 SUNAN KALIJOGO SUMBEREJO-AMBULU-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Hidayatuloh, Nurul (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA JAWA MATERi UNGGAH-UNGGUH DALAM MEMBANGUN KARAKTER SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA'ARIF 37 SUNAN KALIJOGO SUMBEREJO-AMBULU-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq.

[img] Text
SKRIPSI_NURUL_HIDAYATULOH_T20184111.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_NURUL_HIDAYATULOH_T20184111 (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan unggah-ungguh basa Jawa dalam kehidupan sehari-hari peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 37 Sunan Kalijogo Sumberejo termasuk dalam kategori rendah, sesuai dengan hasil observasi awal. Unggah-ungguh basa Jawa merupak salah satu hal yang dapat mengukur karakter peserta didik. Peserta didik yang kurang dalam penggunaan unggah-ungguh basa Jawa menggambarkan memiliki karakter sopan santun yang kurang juga. Begitu juga sebaliknya, peserta didik yang lebih sering menggunakan unggah-ungguh basa Jawa menggambarkan memiliki karakter yang sopan dan santun.

Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa jawa materi unggah-ungguh dalam membangun karakter sopan santun kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma ’ arif 37 Sunan Kalijogo Sumberejo- Ambulu-Jember tahun pelajaran 2022/2023?; (2) mengetahui bagaimana dampak pelaksanaan pembelajaran bahasa jawa materi unggah-ungguh dalam membangun karakter sopan santun peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 37 Sunan Kalijogo Sumberejo-Ambulu-Jember tahun pelajaran 2022/2023?.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa jawa materi unggah-ungguh dalam membangun karakter sopan santun kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma ’ arif 37 Sunan Kalijogo Sumberejo- Ambulu-Jember tahun pelajaran 2022/2023; (2) untuk mengetahui bagaimana dampak pelaksanaan pembelajaran bahasa jawa materi unggah-ungguh dalam membangun karakter sopan santun kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 37 Sunan Kalijogo Sumberejo-Ambulu-Jember tahun pelajaran 2022/2023.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini dipilih dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas datanya dengan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian: 1) Pelaksanaan pembelajaran unggah-ungguh basa Jawa dengan tiga tahap, yaitu a) Perencanaan pembelajaran (penyusunan silabus oleh Kepala Sekolah dan seluruh dewan guru, menyusun RPP pembelajaran ungga-ungguh oleh guru Bahasa Jawa, dan menyiapkan materi dan media pembelajaran yang diperlukan), b) Pelaksanaan pembelajaran unggah-ungguh basa Jawa menggunakan metode cooperative learning, meliputi tiga kegiatan yaitu (a) Kegiatan Awal (mengecek kehadiran peserta didik dan menyampaikan tujuan pembelajaran), (b) Kegiatan Inti (guru menyampaikan materi unggah-ungguh basa Jawa, mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok, peserta didik mengaplikasikan hasil kelompok), (c) Kegiatan Akhir (penutup), c) Evaluasi pembelajaran (penilaian tertulis dan praktek); 2) Dampak negatif dan positif pembelajaran unggah-ungguh basa Jawa yaitu; dampak negatif: a) memerlukan waktu lebih lama, b) guru memerlukan pendidikan lebih ekstra, c) sulit diterapkan pada peserta didik berlatar belakang bahasa berbeda; dampak positif: a) melatih karakter sopan santun peserta didik dengan menerapkan kaidah unggah-ungguh basa jawa, b) menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, c) menambah kosakata bahasa Jawa peserta didik, d) menciptakan komunikasi yang harmonis, e) melestarikan budaya Jawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Hidayatuloh Hidayatuloh
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:28
Last Modified: 10 Jan 2023 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16606

Actions (login required)

View Item View Item