Implementasi Metode Tebak Kata Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 Tahun Pelajaran 2019/2020

Yuliani, Yuliani (2020) Implementasi Metode Tebak Kata Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Yuliani_T20164086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Metode Tebak Kata, Keterampilan Berbicara Setiap manusia pada dasarnya diberikan keterampilan berbicara namun tidak semua orang mampu berbicara atau berkomunikasi secara lisan dengan baik dan benar. Oleh karena itu, pelajaran berbicara seharusnya mendapat perhatian dalam pengajaran keterampilan berbahasa di sekolah dasar. Berbicara menunjang keterampilan membaca dan menulis. Menulis dan berbicara mempunyai kesamaan yaitu sebagai kegiatan produksi bahasa dan bersifat menyampaikan informasi. Kemampuan siswa dalam berbicara juga akan bermanfaat dalam kegiatan menyimak dan memahami bacaan. Akan tetapi, masalah yang terjadi di lapangan adalah tidak semua siswa mempunyai kemampuan berbicara yang baik. Oleh sebab itu, pembinaan keterampilan berbicara harus dilakukan sedini mungkin. Agar kemampuan berbicara siswa menjadi meningkat, maka salah satu langkah guru adalah dengan implementasi metode tebak kata dalam proses pembelajaran khususnya untuk kelas satu Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (a) Bagaimana prosedur implementasi metode tebak kata dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 tahun pelajaran 2019/2020?, (b) Bagaimana pelaksanaan metode tebak kata dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 tahun pelajaran 2019/2020?, (c) Bagaimana implikasi metode tebak kata dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan dalam penelitian ini adalah (a) Mendeskripsikan prosedur implementasi metode tebak kata dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 tahun pelajaran 2019/2020, (b) Mendeskripsikan pelaksanaan metode tebak kata dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 tahun pelajaran 2019/2020 dan (c) Mendeskripsikan implikasi implementasi metode tebak kata dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 tahun pelajaran 2019/2020 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelititian dipilih dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif Milles Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (a) Prosedur dalam implementasi metode tebak kata di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 adalah pada tahap awal pembelajaran guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai, lalu guru menyuruh siswa berdiri berpasang pasangan, salah satu siswa diberi kartu yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi, (b) Metode tebak kata merupakan salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa. Metode ini dapat menciptakan interaksi timbal balik yang sangat sesuai untuk pembelajaran keterampilan berbicara, sehingga memungkinkan siswa untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Mengenai pelaksanaan metode tebak kata dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 tahun pelajaran 2019/2020 dilakukan secara individu maupun berpasangan (kelompok), (c) Metode tebak kata dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 karena metode tebak kata mempunyai banyak kelebihan di antaranya selain dapat meningkatkan kemampuan anak dalam bernalar, juga meningkatkan keterampilan berbicara anak. Semakin anak mampu menjawab deskripsi dalam kartu kata maka keterampilan anak dalam berbicara juga akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 22 Mar 2021 06:27
Last Modified: 22 Mar 2021 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1661

Actions (login required)

View Item View Item