Jual Beli Followers Instagram Menurut Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah

Latifah Putri, Maqhfirotul (2022) Jual Beli Followers Instagram Menurut Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi Fira FIX acc Watermak-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Maqhfirotul Latifah Putri, 2023: Jual beli followers instagram menurut undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan kompilasi hukum ekonomi syariah.
Kata Kunci : Jual Beli, Followers Instagram, Undang-undang, Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah.
Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin maju dan berkembang memunculkan media baru yang salah satunya yaitu internet, didalam internet terdapat yang namanya media sosial salah satunya media sosial instagram. Didalam instagram terdapat fitur yang dinamakan sebagai followers atau biasa disebut pengikut. Fenomena yang terjadi kebanyakan orang tertarik untuk mempopulerkan akun mereka dengan tujuan mempunyai jumlah followers yang banyak karena dengan memiliki jumlah followers yang banyak akan mudah untuk mereka menaikkan popularitas mereka sebagai selebgram dan mudah untuk mempromosikan bisnis yang dimilikinya. Hal inilah yang melatarbelakangi sebagian orang-orang untuk melakukan tranksasi jual beli followers instagram. Namun juga ada kekhawatiran dari proses jual beli ini, maka dari itu penulis tertarik unntuk mengkaji lebih dalam tentang jual beli followers instagram ini jika ditinjau dari segi undang-undang no 11 tahun 2008 tentang infomasi dan transaksi elektronik, dan dari sudut pandang kompilasi hukum ekonomi syariah. Fokus masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana praktek transaksi jual beli followers instagram yang banyak ditemukan di dalam transaksi elektronik? 2)Bagaimana hukum jual beli followers instagram menurut UU No.11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan kompilasi hukum ekonomi syariah? Skripsi ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan dan mengetahui praktek transaksi jual beli followers instagram yang banyak ditemukan di dalam transaksi elektronik 2) untuk menjelaskan hukum jual beli followers instagram menurut UU No.11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan kompilasi hukum ekonomi syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Dengan menggunakan metode pendekatan yuridis empiris. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder yang diperoleh saat penelitian di aplikasi instagram. Data penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jual beli followers instagram yang banyak ditemukan di dalam transaksi elektronik tidak jauh berbeda dengan jual beli online yang lain yang membedakan mekanisme penambahan followers dilakukan menggunakan website atau aplikasi tertentu. Hukumnya menurut pandangan uu no. 11 tahun 2008 tentang ITE dianggap melanggar pasal 26 dan 27, dilihat dari segi kompilasi hukum ekonomi syariah secara rukun dan syaratnya tidak terpenuhi, dalam hal objek yang dipejualbelikan tidak jelas status kepemilikan objek tersebut bukan seutuhnya milik penjual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180105 Commercial and Contract Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Maqhfirotul Latifah Putri
Date Deposited: 10 Jan 2023 08:50
Last Modified: 10 Jan 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16612

Actions (login required)

View Item View Item