Analisis Pemberdayaan Zakat Produktif Dalam Meningkatkan Ekonomi Mustahik DiBaznas Lumajang Melalui Program Lumajang Makmur

Farhania, Anis (2022) Analisis Pemberdayaan Zakat Produktif Dalam Meningkatkan Ekonomi Mustahik DiBaznas Lumajang Melalui Program Lumajang Makmur. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anis Farhania_E20184040.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
ANIS FARHANIA, Dr. Hj Nurul Setianingrum, SE., M,M 2022 : Analisis Pemberdayaan Zakat Produktif Dalam Meningkatkan Ekonomi Mustahik Di Baznas Lumajang Melalui Program Lumajang Makmur.
Pemberdayaan merupakan kegiatan yang mengharuskan sebuah zakat yang terkumpul nantinya bisa sampai kepada orang yang berhak menerimanya. Zakat Produktif merupakan zakat yang mana nantinya diberikan terhadap masyarakat fakir miskin berupa modal usaha atau program lainnya yang hal ini bisa digunakan untuk membuka dan membangun usaha yang lebih produktif dengan tujuan untuk meningkatkan suatu perekonomian masyarakat itu sendiri, dengan harapan suatu saat nanti para mustahiq bisa menjadi seorang muzakki ketika mereka bisa memanfaatkan dana zakat tersebut dalam membangun sebuah usahanya.
Fokus penelitian yang akan di teliti dalam proposal penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pemberdayaan zakat melalui program lumajang makmur? 2) Bagaimana implementasi pemberdayaan zakat produktif dalam meningkatkan ekonomi mustahik melalui program lumajang makmur? 3) Bagaimana Efektifitas pelaksanaan program lumajang makmur dalam menanggulangi kemiskinan?
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu mendeskripsikan sebuah analisis pemberdayaan zakat produktif dalam meningkatkan ekonomi mustahik di baznas lumajang melalui program lumajang makmur. selain itu untuk mendeskripsikan apa saja yang menjadikan kendala ketika pemberdayaan zakat produktif tersebut dilaksanakan.
Dalam mengidentifikasi masalah yang ada, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi partisipan yang nantinya akan menjadi acuan dalam sebuah penelitian, wawancara sebagai bentuk pengecekan ulang semua data yang didapat pada saat observasi partisipan, dan dokumentasi sebagai pelengkap data-data yang kemungkinan dibutuhkan. Selanjutnya, untuk jenis penelitian yang dipakai peneliti yaitu menggunakan penelitian lapangan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Analisis pemberdayaan zakat produktif yang dilakukan oleh Lembaga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Lumajang sesuai dengan ketentuan pada perundang-undangan dalam mensurvei dan mengamati calon mustahik yang akan mendapatkan bantuan sehingga tidak salah sasaran nantinya. Pemberdayaan yang dilakukan dengan memberikan barang sesuai yang dibutuhkan dan dana tersebut dari dana zakat dan juga infaq maupun shadaqah. 2. Implementasi pemberdayaan zakat produktif dalam meningkatkan ekonomi mustahik agar taraf hidup mustahik lebih produktif dan meningkatkan pendapatan mustahik. 3.efektifitas menanggulangi kemiskinan agar dapat merubah mustahik zakat menjadi muzakki, tetapi jika tidak menjadi muzakki, maka setidaknya para mustahik zakat mampu mandiri secara ekonominya sehingga bisa dikatakan program Lumajang Makmur yang dilaksanakan oleh Baznas Lumajang sudah efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms anis farhania
Date Deposited: 09 Jan 2023 01:42
Last Modified: 09 Jan 2023 01:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16621

Actions (login required)

View Item View Item