Peran Program Kampung Zakat Terpadu dalam Peningkatan Kesejahteraan Janda dan Lansia di Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember

devin, Muaffin (2022) Peran Program Kampung Zakat Terpadu dalam Peningkatan Kesejahteraan Janda dan Lansia di Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Muaffin_E20184037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Muaffin, Toton Fanshurna M.E.I 2022: Peran Program Kampung Zakat Terpadu dalam Peningkatan Kesejahteraan Janda dan Lansia di Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember.
Program kampung zakat terpadu merupakan program binaan Kementerian Agama Negeri Jember dengan tujuan pemberdayaan kepada masyarakat terutama pada anak-anak yatim dhuafa dan ibu-ibu yang tidak memiliki suami serta lansia bermaksud untuk meningkatkan perekonomian mereka nantinya sehingga keluarga yatim dhuafa ini menjadi lebih sejahtera dan mandiri juga adanya program kampung zakat terpadu memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar juga dapat membangun desa secara berkelanjutan mencangkup kemandiarian, kesejahteraan dan kemajuan desa.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana orientasi program kampung zakat terpadu di Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember ?, 2. Bagaimana peningkatan kesejahteraan melalui program kampung zakat terpadu terhadap janda dan lansia di Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember.
Tujuan penelitian adalah untuk: 1. Untuk mengetahui orientasi program kampung zakat terpadu di Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember, 2. Untuk mengetahui peningkatan kesejahteraan melalui program kampung zakat terhadap kesejahteraan janda dan lansia di Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember.
Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini, menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, dan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Lain dari pada itu keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data.
Hasil dari penelitian ini menyatakan: 1. Orientasi program kampung zakat terpadu di Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember arah atau tujuan dapat tergambar dengan beberapa program pemberdayaan kepada masyarakat yang menjadi salah satu upaya merealisasikan visi misi dari berdirinya program kampung zakat, 2. Peningkatan kesejahteraan melalui program kampung zakat terpadu terhadap janda dan lansia sebagai binaan Kementerian Agama Negeri Jember telah menerapkan beberapa upaya dalam membantu meningkatkan kesejahteraan baik secara ekonomi dan sosial hal ini dapat dilihat dari program-program yang diselenggarakan di kampung zakat terpadu seperti: a) mother school b) RBQ c) Bantuan UMKM untuk masyarakat

Kata kunci; Peran Program, Kampung Zakat Terpadu, Peningkatan Kesejahteraan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms Muaffin devin
Date Deposited: 09 Jan 2023 04:22
Last Modified: 09 Jan 2023 04:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16622

Actions (login required)

View Item View Item