Mohamad, Saifudin Ihsan (2022) MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MEMBERIKAN REWARD DAN PUNISHMENT DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NURUL HIKMAH NGAMPELREJO JOMBANG JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Mohamad Saifudin Ihsan_T20184103.pdf Download (2MB) |
Abstract
Mohamad Saifudin Ihsan, 2022: Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik dengan memberikan Reward dan Punishment di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nurul Hikmah Ngampelrejo Jombang Jember.
Kata Kunci: Disiplin belajar, reward dan punishment
Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nurul Hikmah memiliki perhatian khusus dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik, yaitu dengan memberikan reward dan punishment.
Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana disiplin waktu belajar peserta didik dengan pemberian reward dan punishment di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nurul Hikmah Ngampelrejo Jombang Jember? (2) Bagaimana disiplin
perbuatan belajar peserta didik dengan pemberian reward dan punishment di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nurul Hikmah Ngampelrejo Jombang Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan disiplin waktu belajar peserta didik dengan pemberian reward dan punishment di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nurul Hikmah Ngampelrejo Jombang Jember. (2) Mendeskripsikan
disiplin perbuatan belajar peserta didik dengan pemberian reward dan punishment di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nurul Hikmah Ngampelrejo Jombang Jember.
Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan penentuan sabyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data
interaktif oleh Milles dan Huberman. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: (1) Sudah meningkat dibandingkan sebelum diberikan reward dan punishment dan dengan kebijakan kepala madrasah menetapkan jadwal kegiatan membaca juz amma, sholat dhuha sebelum pelaksanaan pembelajaran dan melarang orang berjualan dilingkungan madrasah, hal ini membuat disiplin waktu peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nurul
Hikmah banyak kemajuan dan berjalan dengan baik sehingga peserta didik mulai terbiasa disiplin dalam membagi waktu mulai dari tepat waktu dalam belajar, mencakup datang dan pulang sekolah tepat waktu, mulai dan selesai belajar di sekolah tepat waktu, mulai dan selesai belajar dirumah, tidak keluar dan membolos saat sekolah, dan menyelesaikan tugas sesuai waktu yang ditetapkan. (2) Sudah dilaksanakan dengan baik dan mengalami peningkatan, madrasah ini memiliki ciri khas sendiri dalam meningkatkan disiplin belajar yaitu
dalam memberikan punishment berupa pembiasaan melakukan aktivitas-aktivitas yang positif tetapi tetap memberikan efek jera bagi pelanggar. Peserta didik sudah mentaati tata tertib di Madrasah mereka mulai terbiasa melakukan perbuatan
yang positif sehingga pelanggaran yang terjadi bisa dibilang sedikit jika dilihat dari jumlah pelanggaran sebelum diberikannya reward dan punishment. Melihat program di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah yang dijalankan dengan konsisten, serta bisa mencetak generasi yang disiplin, unggul, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui program pemberian reward dan punishment.
Actions (login required)
View Item |