Internalisasi Nilai-nilai Moderat di Muslimat Nahdlatul Ulama Ranting Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi

Arifatul, Muzaidah (2022) Internalisasi Nilai-nilai Moderat di Muslimat Nahdlatul Ulama Ranting Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. Other thesis, UIN jember.

[img] Text
REVISI ARIFATUL Watermak.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Arifatul Muzaidah, 2022: Internalisasi Nilai-nilai Moderat di Muslimat NU Ranting Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi.

Kata kunci: Internalisasi, Nilai-nilai Moderat, Muslimat NU.

Sikap moderat sangat penting diterapkan di Indonesia yang mempunyai berbagai keragaman. Untuk membangun sikap moderat dalam suatu masyarakat diperlukan elemen-elemen yang dapat mengenalkan pentingnya moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari. Proses internalisasi nilai-nilai moderat bukan hanya berlaku dalam dunia pendidikan formal saja, tetapi proses internalisasi tersebut mulai marak dan berkembang serta diaplikasikan di masyarakat melalui organisasi-organisasi kemasyarakatan salah satunya yaitu organisasi Muslimat NU.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai moderat di Muslimat NU ranting Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi, 2) Apa saja nilai-nilai moderat di Muslimat NU ranting Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi.Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai moderat di Muslimat NU ranting Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi, 2) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai moderat di Muslimat NU ranting Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Bahwa internalisasi nilai moderat di Muslimat NU ranting Buluagung menggunakan tiga tahap, yaitu: tahap transformasi nilai melalui bidang keagamaan yakni dengan mendalami nilai moderat melalui bimbingan yang dilakukan oleh Muslimat NU dengan mengadakan pengajian-pengajian rutin. Tahap transaksi nilai melalui bidang pendidikan Muslimat NU melakukan upaya internalisasi nilai moderat melalui penanaman nilai moderat sejak dini terhadap anak-anak penerus generasi mendatang dengan cara bekerja sama dengan lembaga formal yakni TK Rohmawati dan lembaga non formal yakni Taman Pendidikan Al Qur’an Al Mubarok. Tahap transinternalisasi nilai melalui bidang sosial Muslimat NU ranting Buluagung melalui pembiasaan bersikap moderat dengan mengadakan bantuan kemanusiaan kepada mayarakat sekitar yang membutuhkan. 2). Bahwa nilai-nilai moderat yang ditanamkan Muslimat NU ranting Buluagung kepada aggotanya diantaranya adalah tasamuh, yakni mengakui dan toleransi terhadap orang lain, internalisasi nilai moderat di Muslimat NU dilakukan melalui pembiasaan bersifat moderat dalam diri jamaah Muslimat NU. Tahaddur, yakni menjunjung tinggi etika dalam kehidupan dan peradaban dengan bersikap ramah dan baik kepada orang lain, masyarakat Buluagung memiliki kesadaran untuk hidup rukun dengan menanamkan nilai moderat melalui pembiasaan mengamalkan nilai moderat. Tawazun, yakni keseimbangan dalam menjalankan agama dalam aspek dunia dan akhirat, internalisasi nilai moderat oleh Muslimat NU ranting Buluagung dilakukan melalui penanaman rasa cinta tanah air dan berkomitmen terhadap bangsa dengan kesadaran serta tingginya antusias masyarakat yang digerakkan melalui berorganisasi, yakni Muslimat NU ranting Buluagung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: ARIFATUL MUZAIDAH IDA
Date Deposited: 09 Jan 2023 01:55
Last Modified: 09 Jan 2023 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16635

Actions (login required)

View Item View Item