Analisis Pengaruh Variabel Makroekonomi Dan Faktor Fundamental Bank Terhadap Stabilitas Perbankan Di Indonesia (Studi Pada 24 Bank Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2021)

Homsiah, Siti (2023) Analisis Pengaruh Variabel Makroekonomi Dan Faktor Fundamental Bank Terhadap Stabilitas Perbankan Di Indonesia (Studi Pada 24 Bank Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2021). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI HOMSIAH_ E20181170.pdf

Download (6MB)

Abstract

Siti Homsiah, Dr. Nikmatul Masruroh, M.E.I., 2022: Analisis Pengaruh Variabel Makroekonomi Dan Faktor Fundamental Bank Terhadap Stabilitas Perbankan Di Indonesia (Studi Pada 24 Bank Umum Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017- 2021).

Stabilitas sistem keuangan adalah suatu kondisi sistem keuangan nasional berfungsi secara efektif dan efisien serta mampu bertahan terhadap dampak internal dan eksternal, sehingga alokasi sumber pendanaan dan pembiayaan dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan dan stabilitas perekonomian nasional. Jika kondisi suatu perbankan sehat maka akan menciptakan ketahanan perbankan dalam menghadapi stabilitas moneter yang dapat mengguncang Indonesia. Terdapat faktor- faktor yang dapat mempengaruhi stabilitas perbankan yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal dapat dilihat melalui faktor Makroekonomi Indonesia, sedangkan faktor internal dapat dilihat melalui faktor Fundamental perbankan.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Apakah variabel Makroekonomi dan faktor Fundamental bank berpengaruh terhadap stabilitas perbankan di Indonesia secara parsial? 2. Apakah variabel Makroekonomi dan faktor Fundamental bank berpengaruh terhadap stabilitas perbankan di Indonesia secara simultan?
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel Makroekonomi dan faktor Fundamental bank terhadap stabilitas perbankan di Indonesia secara parsial. 2. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel Makroekonomi dan faktor Fundamental bank terhadap stabilitas perbankan di Indonesia secara simultan.
Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Analisis data pada penelitian menggunakan analisis regresi data panel.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1. Secara parsial variabel Inflasi dan BI rate memiliki pengaruh yang signifikan terhadap stabilitas perbankan di Indonesia. Variabel NPL, NIM, CAR, dan LDR tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap stabilitas perbankan di Indonesian. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa variabel Inflasi, BI rate, NPL, NIM, CAR, LDR secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap stabilitas perbankan di Indonesia.
Kata Kunci: Stabilitas Perbankan, Inflasi, BI rate, Non Performing Loan, Net Interest Margin, Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140212 Macroeconomics (incl. Monetary and Fiscal Theory)
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140304 Panel Data Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Homsiah Siti
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:31
Last Modified: 09 Jan 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16658

Actions (login required)

View Item View Item