PERAN TEKNOLOGI DIGITAL BANKING PADA PENURUNAN TRANSAKSI SAAT TERJADI PANDEMI COVID-19 PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP LAMONGAN WAHIDIN

Azizah, Zulfa (2022) PERAN TEKNOLOGI DIGITAL BANKING PADA PENURUNAN TRANSAKSI SAAT TERJADI PANDEMI COVID-19 PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP LAMONGAN WAHIDIN. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zulfa Azizah_E20181048.pdf

Download (2MB)

Abstract

Zulfa Azizah, Dr. Khamdan Rifa’í,S.E.,M.SI, 2022: Peran Teknologi Digital banking Pada Penurunan Transaksi Saat Terjadi Pandemi Covid-19 Pada Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Wahidin.

Teknologi digital banking adalah layanan perbankan yang menggunakan teknologi digital untuk melakukan transaksi nasabah secara lebih efisien dan cepat. Pandemi Virus Covid-19 atau coronavirus yang berasal dari Wuhan, China, telah menjadi masalah kesehatan global. Beberapa sektor usaha terdampak oleh wabah pandemi virus Covid-19 termasuk sektor perbankan syariah.
Fokus penelitian yang terdapat dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana efek pandemi Covid-19 pada penurunan transaksi pada Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Wahidin? 2) Bagaimana mekanisme layanan digital banking Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Wahidin pada penurunan transaksi akibat pandemi Covid-19 ? 3) Apa peran layanan digital banking Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Wahidin pada penurunan transaksi akibat pandemi Covid-19?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui efek pandemi Covid-19 pada penurunan transaksi pada Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Wahidin. 2) Untuk mengetahui mekanisme layanan digital banking Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Wahidin terhadap penurunan transaksi akibat pandemi Covid-19. 3) Untuk mengetahui peran layanan digital banking Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Wahidin pada penurunan transaksi akibat pandemi Covid-19.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan adalah: 1) Efek Pandemi Covid-19 pada Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Wahidin, yaitu menurunnya pendapatan aset dan meningkatnya pembiayaan. 2) Mekanisme layanan digital banking Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Wahidin pada penurunan transaksi akibat pandemi Covid-19. Bank Syariah Indonesia memberikan layanan yang dapat di akses selama 7 x 24 jam , dimana memberikan nasabah tetap nyaman, aman, fleksibel dalam melakukan transaksi. 3) Peran layanan digital banking Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Wahidin pada penurunan transaksi akibat pandemi Covid-19. Yaitu bisa meminimalisir terjadinya penurunan transaksi karena di perolehnya pendapatan tambahan (fee base income) dari layanan digital banking sehingga bisa menambah pendapatan bank.

Kata kunci: digital banking, transaksi, pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Miss Zulfa Azizah
Date Deposited: 09 Jan 2023 09:20
Last Modified: 09 Jan 2023 09:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16662

Actions (login required)

View Item View Item