Pemberdayaan Alumni Dalam Pengembangan Mutu Pondok Pesantren : Studi Multikasus Pondok Pesantren Fathul ‘Ulum Kwagean Pare dan Pondok Pesantren Darul Muta’allimin Kertosono

Faruq, Ahmad Khuza'i (2022) Pemberdayaan Alumni Dalam Pengembangan Mutu Pondok Pesantren : Studi Multikasus Pondok Pesantren Fathul ‘Ulum Kwagean Pare dan Pondok Pesantren Darul Muta’allimin Kertosono. Doctoral thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Khuza'i Faruq_204307010002.pdf

Download (18MB)

Abstract

Keywords: Pemberdayaan; Alumni; Mutu Pesantren

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pemberdayaan alumni dalam pengembangan mutu pondok pesantren di Pondok Pesantren Fathul ‘Ulum Kwagean Pare dan Pondok Pesantren Darul Muta’allimin Kertosono. Hal ini dilakukan karena kedua pesantren tersebut tidak mengabaikan peran alumni dengan melaksanakan pemberdayaan alumni dalam pengembangan mutu pesantren dengan keunikan dan kekhasan masing-masing. Penelitian ini menjadi sangat penting karena alumni memainkan peranan vital sebagai role model, networking, link and match dan recources bagi pesantren. Alumni yang secara administratif telah terlepas dari pesantren namun harus tetap dirawat dan dijaga sebagai cerminan kualitas baik atau buruk bagi pesantren terkhusus implementasi layanan purna jual dalam konteks manajemen pendidikan.

Penelitian ini memfokuskan pada beberapa pertanyaan, yakni: Pertama, peran alumni dalam pengembangan mutu pesantren. Kedua, strategi pemberdayaan alumni dalam pengembangan mutu pesantren, dan Ketiga, evaluasi pemberdayaan alumni dalam pengembangan mutu pesantren.

Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi menggunakan rancangan multi kasus. Teknik pengumpulan data memakai wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dalam dua tahapan; analisis kasus tunggal dan analisis data lintas kasus. Keabsahan data diuji dengan uji kredibilitas data, triangulasi, dependibilitas, dan pengukuhan data.

Hasil penelitian ini adalah: Pertama, peran yang di mainkan alumni dalam pengembangan mutu pesantren adalah sebagai mitra strategis, partner, advisory dan supporting pesantren disamping enam peran yang lazim dalam perilaku organisasi. Kedua, strategi yang digunakan meliputi pelatihan leadership, pembekalan administratif, pelatihan srawung, penerapan al ikhtishosul asasi dan penciptaan kemanfaatan bersama berdasar nilai dan norma khas masing-masing pesantren. Ketiga, evaluasi pemberdayaan alumni dalam pengembangan mutu pesantren menerapkan evaluasi berkala dan berjenjang secara berkelanjutan mulai dari harian, mingguan, bulanan, tri wulan, catur wulan dan akhir masa khidmah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150311 Organisational Behaviour
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Ahmad Khuza`i Faruq
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:49
Last Modified: 10 Jan 2023 02:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16665

Actions (login required)

View Item View Item