IMPLEMENTASI NEW PUBLIC MANAGEMENT (NPM) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN JEMBER

ZAHRA, HALIMATUS (2022) IMPLEMENTASI NEW PUBLIC MANAGEMENT (NPM) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
HALIMATUS ZAHRA_E20182140.pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Halimatus Zahra, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I, M.E.I, 2022: Implementasi New Public Management (NPM) Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember.

Pelayanan publik merupakan masalah terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan dan akuntabilitas birokrasi dalam menjalankan kinerja dan fungsi-fungsi administrasi, maka dari itu Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu salah satu hal penting yang menjadi sebuah tolak ukur pada pelaksanaan administrasi pemerintahan, sebagai wujud menciptakan pelayanan publik yang berkualitas, menciptakan pelayanan prima.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini: 1. Bagaimana implementasi New Public Management (NPM) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember ? 2. Bagaimana manfaat dari implementasi New Public Management (NPM) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember ? 3. Apa faktor pendukung dan penghambat dari implementasi New Public Management (NPM) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember ?
Tujuan dari penelitian ini: 1. Untuk mengetahui implementasi New Public Management (NPM). 2. Menjelaskan manfaat dari implementasi New Public Management (NPM). 3. Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari implementasi New Public Management (NPM) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif, jenis deskriptif. Subyek penelitian menggunakan purposive dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Implementasi (NPM) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember. NPM menggunakan 7 prinsip NPM, di dalam pelayanan perijinan ada standarisasi waktu yaitu ada 3: kepastian hukum, biaya,dan waktu. 2. Manfaat dari implementasi NPM meningkatkan tercapainya tujuan sektor publik (lebih efektif dan efisien). Penerapan manfaat ini diterapkan pada pegawainya lebih berkeahlian dan lebih mampu mempertangungjawabkan kinerjanya. 3. Faktor pendukung dan penghambat dari implementasi NPM, dilihat dari sarana dan prasarana kantor, SDM, baik dari pegawai ASN maupun non ASN. Faktor penghambat pada sistem yaitu New Man Error ketidaktelitian karyawan pada saat mengoreksi pemberkasan.

Kata Kunci : New Public Management (NPM), Efektif, Efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150303 Corporate Governance and Stakeholder Engagement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Halimatus Zahra
Date Deposited: 09 Jan 2023 08:49
Last Modified: 09 Jan 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16668

Actions (login required)

View Item View Item