ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN TEORI APOS (AKSI, PROSES, OBJEK DAN SKEMA) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Hasanah, Maulidah (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN TEORI APOS (AKSI, PROSES, OBJEK DAN SKEMA) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maulidah Hasanah_T20187087.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Bangun Ruang Sisi Datar, Teori APOS
Matematika merupakan pelajaran yang membutuhkan pemahaman bukan hanya menghafalkan. Matematika diajarkan di sekolah berfungsi agar siswa dapat memahami konsep matematis. Salah satu teori yang menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu teori Aksi, Proses, Objek dan Skema (APOS).
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pemahaman konsep siswa pada masalah bangun ruang sisi datar berdasarkan teori APOS (Aksi, Proses, Objek dan Skema) ditinjau dari kemampuan matematika rendah? 2) Bagaimana pemahaman konsep siswa pada masalah bangun ruang sisi datar berdasarkan teori APOS (Aksi, Proses, Objek dan Skema) ditinjau dari kemampuan matematika sedang? 3) Bagaimana pemahaman konsep siswa pada masalah bangun ruang sisi datar berdasarkan teori APOS (Aksi, Proses, Objek dan Skema) ditinjau dari kemampuan matematika tinggi?
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi Penelitian dilakukan di MTs Negeri Kota Probolinggo. Subyek penelitian ini yakni 6 siswa kelas VIII Olimp dengan kategori pengelompokan kemampuan matematika yang berbeda-beda, 2 siswa dengan kemampuan matematika rendah, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang dan 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang divalidasi adalah tes kemampuan matematika, tes pemahaman konsep materi bangun ruang sisi datar dan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles Huberman dan Saldana serta menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika rendah subyek S01 dan subyek S02 hanya memenuhi indikator APOS pada tahap aksi. Siswa dengan kemampuan matematika sedang subyek S03 dan subyek S04 hanya memenuhi indikator APOS pada tahapan aksi dan proses. Siswa dengan kemampuan matematika tinggi subyek S05 dan subyek S06 memenuhi semua indikator APOS pada tahapan aksi, proses, objek dan skema.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Miss Maulidah Hasanah
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:16
Last Modified: 10 Jan 2023 03:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16670

Actions (login required)

View Item View Item