ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI TOKO LAZARUS BATIK KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER

DWI PRASETYA DEWI, EVA ARISKA (2022) ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI TOKO LAZARUS BATIK KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
EVA ARISKA DWI PRASETYA DEWI NIM. E20183009 (1).pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Eva Ariska Dwi Prasetya Dewi, Dr.M.F.Hidayatullah,S.H.I.M.S.I, 2022 :
Analisis Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Toko Lazarus Batik Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.

Usaha mikro adalah kegiatan bisnis yang dilakukan oleh perseorangan atau bisnis rumah tangga, dengan tujuan memproduksi barang atau jasa, yang akan diperjualbelikan secara komersial. Di dalam sebuah usaha tentunya membutuhkan pengelolaan keuangan untuk sebuah bukti dan mengevaluasi perkembangan suatu usaha tersebut. Tentunya sebuah pengelolaan yang baik akan memperoleh sebuah laporan keuangan yang lebih baik dan bisa berkembang dan lebih maju untuk sebuah usaha kedepannya. Pengelolaan dari transaksi keuangan merupakan kesatuan ekonomi untuk menyediakan sebuah informasi keuangan bagi yang memerlukan informasi tersebut yang berguna dalam pengambilan keputusan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian: 1) Bagaimana pengelolaan keuangan di Toko Lazarus Batik, 2) Apa kendala dalam pengelolaan keuangan di Toko Lazarus Batik?. 3) Bagaimana solusi dalam pengelolaan keuangan di Toko Lazarus Batik?
Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui pengelolaan keuangan di Toko Lazarus Batik, 2) Untuk mengetahui kendala dalam pengelolaan keuangan di Toko Lazarus Batik, 3) Untuk mengetahui solusi dalam pengelolaan keuangan di Toko Lazarus Batik.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengelolaan keuangan di Toko Lazarus Batik masih tergolong sederhana, 2) Kendala pengelolaan keuangan di Toko Lazarus Batik terletak pada faktor pendidikan, faktor alat khususnya, bidang pencatatan dan pengarsipan, faktor keterbatasan karyawan di bidang keuangan, 3) Solusi pengelolaan keuangan di Toko Lazarus Batik adalah: a. mengikuti pelatihan pengelolaan keuangan sesuai SAK-EMKM, b. membeli alat sebagai penunjang dalam pengelolaan keuangan khususnya, pencatatan dan pengarsipan, c. merekrut 1 karyawan pembantu untuk bagian keuangan yang kosong.

Kata kunci: Pengelolaan keuangan SAK-EMKM, UMKM, Toko Lazarus Batik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140304 Panel Data Analysis
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140305 Time-Series Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: EVA ARISKA DWI PRASETYA DEWI
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:11
Last Modified: 12 Jan 2023 01:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16684

Actions (login required)

View Item View Item