Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas IX di SMP Achmad Jani Puger Tahun Pelajaran 2022/2023

Cici Afifatul, Hasanah (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas IX di SMP Achmad Jani Puger Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
watermark.pdf

Download (5MB)

Abstract

Cici Afifatul Hasanah, 2022 : Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas IX di SMP Achmad Jani Puger Tahun Pelajaran 2022/2023

Kata Kunci : Model Pembelajaran Concept Sentence, Hasil Belajar

Di SMP masih didominasi model pembelajaran konvensional dimana peran guru lebih mendominasi menyebabkan siswa menjadi pasif sehingga hasil belajar kurang memuaskan. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Salah satunya adalah model pembelajaran concept sentence, model ini merupakan salah satu model pembelajaran aktif yang menekankan keterlibatan siswa dimana penerapannya dengan memberikan kata kunci kepada siswa sehingga siswa lebih memahami konsep.
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran concept sentence terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Achmad Jani Puger. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasy experimental design atau eksperimen semu. Desain penelitian ini non-equivalent control group design yaitu dengan pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX berjumlah 84 siswa dan sampel yang digunakan siswa kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX C sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa nilai posttest. Analisis dan uji hipotesis dengan Independent Sample T-Test dan dilakukan dengan bantuan program SPSS for Windows versi 0. 16.
Hasil dari analisis data dengan menggunakan Independent Sample T-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Ini menunjukkan bahwa nilai signifikan atau nilai sig.(2-tailed) < 0,05 sehingga diperoleh hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Hal) diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran concept sentence terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMP Achmad Jani Puger Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mis Cici Afifatul Hasanah
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:40
Last Modified: 10 Jan 2023 04:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16686

Actions (login required)

View Item View Item