UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HAMIDI CANGKRING JENGGAWAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

HUSNUL HULUQ HABIBAH, 084111203 (2016) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HAMIDI CANGKRING JENGGAWAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.ABSTRAK.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB I.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB II.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB III.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.BAB IV.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.BAB V.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Husnul Huluq Habibah, 2016: Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan
Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Hamidi Cangkring
Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat vital bagi pembentukan
karakter sebuah peradaban dan kemajuan yanug mengiringinya. Tanpa pendidikan
sebuah bangsa atau masyarakat tidak akan pernah mendapatkan kemajuan
sehingga menjadi bangsa atau masyarakat yang kurang atau bahkan tidak beradap.
Karena itu, sebah peradaban yang memberdayakan akan lahir dari suatu pola
pendidikan dalam skala luas yang tepat berguna dan efektif bagi konteks dan
mampu menjawab segala tuntutan zaman. Sedangkan Dalam islam al- Qur’an
adalah pedoman utama yang harus di anut baik untuk menjalani hidup di dunia
maupun di akhirat. Islam juga mengajarkan bahwa Allah akan mengangkat derajat
orang-orang yang beriman dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahan
Membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar harus di awali dengan
belajar, tanpa proses belajar tidak mungkin seseorang yang tidak bisa sama sekali
menjadi mampu membaca serta sesuai dengan kaidah kaidah yang sudah di
tetapkan. Betapa pentingnya proses belajar secara umum apalagi belajar membaca
Al-Qur’an yang merupakan dasar hukum agama isalam.
mengingat bahwa lembaga pendidikan madrasah adalah lembaga yang
mengajarkan pendidikan agama lebih spesifik di bandingkan dengan lembaga
sekolah, akan tetapi di madrasah tsanawiyah Al-Hamidi siswa-siswinya masih
banyak yang belum dapat mewmbaca Al-Qur’an dengan baaik dan benar. Dari
uraian di atas jelaslah bahwa upaya guru sangat di perlukan sekali, baik dari segi
mengajar maupun proses belajar siswa
Sedangkan tujuannya secara umum adalah ingin mengetahui dan
mendeskripsiskan upaya guru dalam meningatkan kemampuan membaca AlQur’an

dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di MTS Al-Hamidi
cangkring jenggawah jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dan sebagai upaya
memperoleh data yang valid, maka dipilih sumber data atau informan yaitu
dengan purposive sampling yang dalam teknisnya memilih orang-orang atau
informan yang dianggap paling mengerti dan representatif dengan obyek yang
akan diteliti. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode
observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data maka disini
menggunakan metode validitas data triangulasi yang kemudian dengan cara
mereduksi data, penyajian data, dan penarikan data.
Berdasarkan dari hasil penelitian upaya guru dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur’an di MTS Al-Hamidi dapat di simpulkan bahwa
1)upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dari segi
perencanaan adalah merumuskan tujuan umum. Yaitu dengan menyusun rencana
pelaksanaan pembelajaran. Serta merumuskan tujuan khusus yang berupa
membuat tugas menghafalkan satu surah setelah satu minggu berlangsung,. 2)
ix
Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dari segi
pelaksanaan adalah dengan menerapkan metode murajaah Metode ini adalah
metode dimana anak didik harus membaca surat-surat pendek secara bersamasama
di
depan
kelas
di
pandu
dengan
salah
satu
guru
yang
akan
membimbing
dan
menunjukkan
giliran
surat
yang harus di baca, serta menilai semua peserta didik.
Mana yang bersungguh-sungguh dan mana yang tidak. 3)Jadi dapat disimpulkan
bahwa evaluasi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an adalah
dengan cara menghafalkan satu per satu surat. Agar semua siswa dapat
manghafalkan surat pendek tersebut

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 30 Oct 2017 01:48
Last Modified: 30 Oct 2017 01:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item View Item