UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HAMIDI CANGKRING JENGGAWAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

HUSNUL HULUQ HABIBAH, 084111203 (2016) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HAMIDI CANGKRING JENGGAWAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.ABSTRAK.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB I.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB II.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB III.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.BAB IV.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.BAB V.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Husnul Huluq Habibah, 2016: Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Hamidi Cangkring Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat vital bagi pembentukan karakter sebuah peradaban dan kemajuan yanug mengiringinya. Tanpa pendidikan sebuah bangsa atau masyarakat tidak akan pernah mendapatkan kemajuan sehingga menjadi bangsa atau masyarakat yang kurang atau bahkan tidak beradap. Karena itu, sebah peradaban yang memberdayakan akan lahir dari suatu pola pendidikan dalam skala luas yang tepat berguna dan efektif bagi konteks dan mampu menjawab segala tuntutan zaman. Sedangkan Dalam islam al- Qur’an adalah pedoman utama yang harus di anut baik untuk menjalani hidup di dunia maupun di akhirat. Islam juga mengajarkan bahwa Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahan Membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar harus di awali dengan belajar, tanpa proses belajar tidak mungkin seseorang yang tidak bisa sama sekali menjadi mampu membaca serta sesuai dengan kaidah kaidah yang sudah di tetapkan. Betapa pentingnya proses belajar secara umum apalagi belajar membaca Al-Qur’an yang merupakan dasar hukum agama isalam. mengingat bahwa lembaga pendidikan madrasah adalah lembaga yang mengajarkan pendidikan agama lebih spesifik di bandingkan dengan lembaga sekolah, akan tetapi di madrasah tsanawiyah Al-Hamidi siswa-siswinya masih banyak yang belum dapat mewmbaca Al-Qur’an dengan baaik dan benar. Dari uraian di atas jelaslah bahwa upaya guru sangat di perlukan sekali, baik dari segi mengajar maupun proses belajar siswa Sedangkan tujuannya secara umum adalah ingin mengetahui dan mendeskripsiskan upaya guru dalam meningatkan kemampuan membaca AlQur’an dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di MTS Al-Hamidi cangkring jenggawah jember. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dan sebagai upaya memperoleh data yang valid, maka dipilih sumber data atau informan yaitu dengan purposive sampling yang dalam teknisnya memilih orang-orang atau informan yang dianggap paling mengerti dan representatif dengan obyek yang akan diteliti. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data maka disini menggunakan metode validitas data triangulasi yang kemudian dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan data. Berdasarkan dari hasil penelitian upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTS Al-Hamidi dapat di simpulkan bahwa 1)upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dari segi perencanaan adalah merumuskan tujuan umum. Yaitu dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Serta merumuskan tujuan khusus yang berupa membuat tugas menghafalkan satu surah setelah satu minggu berlangsung,. 2) ix Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dari segi pelaksanaan adalah dengan menerapkan metode murajaah Metode ini adalah metode dimana anak didik harus membaca surat-surat pendek secara bersamasama di depan kelas di pandu dengan salah satu guru yang akan membimbing dan menunjukkan giliran surat yang harus di baca, serta menilai semua peserta didik. Mana yang bersungguh-sungguh dan mana yang tidak. 3)Jadi dapat disimpulkan bahwa evaluasi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an adalah dengan cara menghafalkan satu per satu surat. Agar semua siswa dapat manghafalkan surat pendek tersebut

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 30 Oct 2017 01:48
Last Modified: 30 Oct 2017 01:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item View Item