Analisis Pengendalian Proses Repacking Snack pada Family Star Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember

Rokhilatus Sa'daniya, Vivin (2022) Analisis Pengendalian Proses Repacking Snack pada Family Star Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
VIVIN ROKHILATUS SA'DANIYA_E20172105.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Vivin Rokhilatus Sa’daniya. Dr. Siti Masrohatin, S.E., M.M. “Analisis Pengendalian Proses Repacking Snack pada Family Star Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember”. Skripsi, Jember: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Islam, Jurusan Ekonomi Syariah (ES).
Pengendalian (controlling) adalah salah satu fungsi manajemen yang merupakan pengukuran dan koreksi semua kegiatan yang mencakup mengenai penentuan standar, pelaksanaan dan perbaikan didalam rangka memastikan bahwa sesuai dengan rencana-rencana organisasi untuk mencapai tujuan suatu perusahaan. Proses repacking snack ini adalah proses pengemasan ulang suatu produk barang atau makanan ringan langsung dari produsen untuk kemudian diberi merek dagang milik si pengusaha tersebut, kemudian mendistribusikannya kepada pelanggan atau konsumen. Family Star adalah salah satu Home Industri yang bergerak di sektor makanan ringan atau camilan. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2008 oleh Bapak Nasrul Haq. Family Star merupakan bisnis yang secara khusus mengemas ulang produk berupa makanan ringan kemasan besar dari supplier menjadi kemasan kecil atau kemasan ekonomis dan kemudian diberi label sendiri.
Fokus masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana analisis pengendalian pada Family Star Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? 2) Bagaimana proses repacking snack pada Family Star Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember?
Tujuan Penelitian ini: 1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan analisis pengendalian pada Family Star Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. 2) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses repacking snack pada Family Star Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verification. Teknik keabsahan data yang digunakan dengan mentriangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian yang didapat bahwa 1) Analisis pengendalian pada Family Star yaitu alur pengendalian melalui pengawasan dari internal dan eksternal. Pengawasan internal dilakukan oleh kepala gudang Family Star, dan pengawasan oleh Dinas Kesehatan sebagai bentuk pengawasan eksternal. 2) Proses repacking snack pada Family Star sudah mampu menerapkan prosedur dari Dinas Kesehatan yang mana menjaga kebersihan lingkungan sekitar baik tempat maupun peralatan dan perlengkapan serta target pasar yang ingin dituju oleh Family Star dalam meningkatkan penjualan.

Kata Kunci: Pengendalian, Proses Repacking

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Vivin Rokhilatus Sa'daniya
Date Deposited: 09 Jan 2023 09:40
Last Modified: 09 Jan 2023 09:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16703

Actions (login required)

View Item View Item