Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banat Di Pondok Pesantren Al-Barokah An-nur Khumairoh Kecamatan Ajung Kabupaten Jember

Nur, Aini (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banat Di Pondok Pesantren Al-Barokah An-nur Khumairoh Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Uin jember.

[img] Text
NURAINI NIM-T20181234.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan karakter pada masa anak-anak atau usia dini sangat penting, karena pendidikan karakter pada masa anak-anak akan mempengaruhi karakter seseorang ketika ia sudah dewasa terutama pada perempuan. Apalagi melihat keadaan era sekarang ini, tentu dalam masyarakat banyak sekali anak perempuan yang melakukan perilaku menyimpang atau amoral baik dikalangan anak kecil, remaja, bahkan dewasa. Dengan melihat relita diatas, Dalam proses membentuk karakter yang kuat dan bertanggung jawab, pondok pesantren menjadi salah satu lembaga pembentuk karakter. Pada pondok pesantren juga mempelajari kitab- kitab klasik salah satunya kitab Akhlak Lil Banat yang mana didalamnya terdapat akhlak seorang wanita yang harus dilakukan dan ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1.) Bagaimana Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banat dalam Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Al-Barokah An-Nur Khumairah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? 2.) Bagaimana Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banat di Pondok Pesantren Al-Barokah An-Nur Khumairah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? 3.) Bagaimana Dampak Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banat di Pondok Pesantren Al- Barokah An-Nur Khumairah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember?
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan kualitatif deskriptif jenis Field Reasearch. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan untuk keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama,Pembelajaran kitab Akhlak Lil Banat ini mempelajari tentang akhlak seorang perempuan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajarannya menerapkan sesuai isi atau kaidah kitab Akhlak Lil Banat yang sudah di pelajari. Dalam pelaksanaan pembelajaran kitab Akhlak Lil Banat ini ustasdz memberikan motivasi-motivasi yang ada sambungannya dengan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran kitab Akhlak Lil Banat, dalam proses pembelajaranya menggunakan beberapa metode diantaranya metode ceramah, uswatun khasanah, tanya jawab dan bandongan. dan untuk media yang digunakan yaitu kapur, papan tulis, penghapus dll. Kedua, Adapun pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran kitab Akhlak Lil Banat terdapat nilai-nilai pendidikan karakter Religius, Tanggung Jawab, dan Peduli sosial. Ketiga, Dampak dalam pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran kitab Akhlakul Lil Banat memiliki dampak yang besar kepada para santri, khususnya dalam pembentukan kepribadian dan karakter para santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: Nur Aini Aini
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:26
Last Modified: 10 Jan 2023 04:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16705

Actions (login required)

View Item View Item