ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017

Virda Ayu, Indah Sari (2022) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017. Undergraduate thesis, Uin Jember.

[img] Text
VIRDA AYU INDAH SARI_T20181218.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan karakter menjadi hal yang sangat penting bagi pendidikan di Indonesia. Apalagi di era globalisasi dan modernisasi saat ini yang banyak ditemukannya masalah tentang rendahnya pendidikan karakter. Dalam menanamkan nilai pendidikan karakter, tidak serta merta mengandalkan pendidik, akan tetapi juga didukung oleh buku siswa. Buku siswa menjadi salah satu penunjang untuk membentuk karakter peserta didik, karena buku tersebut merupakan buku yang sering dibaca, dihafal dan dikerjakan oleh peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui nila- nilai pendidikan karakter pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
Fokus penelitian dalam penelitian yaitu: Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017?. Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan atau library research, teknik pengumpulsn data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis isi atau Content Analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 telah memenuhi 18 karakter yang telah ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang terdiri dari religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Dari 18 karakter tersebut, Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2013 ini juga menekankan 5 (lima) nilai karakter utama pada Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yaitu religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas. Pada buku ini juga terdapat beberapa karakter lainnya, seperti: sabar, saling mengormati dan menghargai, jujur, adil, kerja sama, hormat terhadap guru dan orang tua, tekun, kebersamaan, kesatuan dan persatuan, kreatif, rendah hati, sederhana, teguh pendirian, sopan santun, ramah, pantang mneyerah, sungguh-sungguh, tolong menolong, dermawan, dan ikhlas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: Virda Ayu Indah Sari
Date Deposited: 09 Jan 2023 09:28
Last Modified: 09 Jan 2023 09:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16708

Actions (login required)

View Item View Item