OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN KONSUMEN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BONDOWOSO

Muhammad, Ainul Karim (2022) OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN KONSUMEN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KIAI Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI M. AINUL KARIM.pdf

Download (7MB)

Abstract

M. Ainul Karim, 2022: Optimalisasi Manajemen Sarana dan Prasaana dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso
Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen memberikan suatu dorongan kepada peserta didik untuk menjalin ikatan pada lembaga pendidikan. Pengambilan judul ini dilatar belakangi oleh mutu pendidikan memiliki hubungan erat dengan kepuasan konsumen pendidikan, utamanya yaitu peserta didik.
Fokua Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kelengkapan manajemen Sarpras di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? 2) Bagaimana optimalisasi manajemen Sarpras di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? 3) Bagaimana kepuasan konsumen melalui optimalisasi manajemen Sarpras di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjabarkan kelengkapan manajemen sarpras di MAN Bondowoso 2) Mendeskripsikan optimalisasi manajemen sarpras di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso 3) Mendeskripsikan kepuasan konsumen melalui optimalisasi manajemen sarpras di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kelengkpan sarana dan prasarana di MAN Bondowoso terbilang cukup lengkap dan memadai dalam proses pembelajaran baik peserta didik maupun pendidik. 2) Manajemen sarana dan prasarana di MAN Bondowoso terdiri dari perencanaan, pengadaan, penyimpanan, inventarisasi, pemeliharaan fasilitas secara harian dan periodik, dan penghapusan. 3) Kepuasan konsumen di MAN Bondowoso terbilang puas karena sekolah memfasilitasi siswa dengan adanya LCD untuk menunjang pembelajaran dan akses internet. Pihak pengelola sarana dan prasarana mempunyai rencana ke depan yaitu mengajak masyarakat di sekolah baik dari peserta didik, guru sampai staf office boy bersama-sama merawat fasilitas yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan Muhammad Ainul Karim
Date Deposited: 12 Jan 2023 09:36
Last Modified: 12 Jan 2023 09:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16713

Actions (login required)

View Item View Item