Pembelajaran Islam Nusantara di Pondok Pesantren Putri Darul Mukhlisin Desa Sumber Kejayan Kecamatan Mayang

Umah, Moslehatul (2022) Pembelajaran Islam Nusantara di Pondok Pesantren Putri Darul Mukhlisin Desa Sumber Kejayan Kecamatan Mayang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MOSLEHATUL UMAH T20181045 PAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Pembelajaran, Islam Nusantara
Pembelajaran merupakan komunikasi dua arah atau proses interaksi antara pendidik dan peserta didik yang dapat menimbulkan hubungan timbal balik antara keduanya. Dan Islam Nusantara merupakan Islam yang lahir dari akulturasi antara budaya lokal dengan ajaran-ajaran Islam yang dipraktekkan oleh Nabi Muhammad Saw. dan didasarkan pada Al-Qur’an dan Hadits. Kegiatan pembelajaran Islam Nusantara yaitu kegiatan pembelajaran tentang akulturasi antara budaya nusantara dengan ajaran Islam. Kegiatan ini memiliki peran penting bagi seluruh santri, agar bisa dijadikan sebagai salah satu bekal santri untuk menjalani kehidupan bermasyarakat kelak.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Islam Nusantara di Pondok Pesantren Putri Darul Mukhlisin Desa Sumber Kejayan Kecamatan Mayang? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Islam Nusantara di Pondok Pesantren Putri Darul Mukhlisin Desa Sumber Kejayan Kecamatan Mayang? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Islam Nusantara di Pondok Pesantren Putri Darul Mukhlisin Desa Sumber Kejayan Kecamatan Mayang?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Islam Nusantara di Pondok Pesantren Putri Darul Mukhlisin Desa Sumber Kejayan Kecamatan Mayang 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Islam Nusantara di Pondok Pesantren Putri Darul Mukhlisin Desa Sumber Kejayan Kecamatan Mayang 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Islam Nusantara di Pondok Pesantren Putri Darul Mukhlisin Desa Sumber Kejayan Kecamatan Mayang.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini: 1) Perencanaan Pembelajaran Islam Nusantara di Pondok Pesantren Putri Darul Mukhlisin, dilaksanakan dengan cara mempersiapkan silabus, RPP dan tujuan-tujuan yang akan di sampaikan berdasarkan tujuan pembelajaran. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Islam Nusantara di Pondok Pesantren Putri Darul Mukhlisin, terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dan sesekali diadakannya diskusi kelompok untuk melatih santriwati agar bisa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. 3) Evaluasi Pembelajaran Islam Nusantara di Pondok Pesantren Putri, dilakukan dengan ulangan harian, baik itu tes tulis ataupun lisan, kuis, dan penugasan lainnya. Kuis menjadi salah satu dari kegiatan pembelajaran yang banyak disukai oleh santriwati, karena dengan diadakannya kuis suasana di kelas bisa semakin hidup dan menambah semangat santriwati dalam belajar. Penilaian tidak hanya pengetahuan saja tapi juga mencakup sikap dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Moslehatul Umah
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:49
Last Modified: 10 Jan 2023 04:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16721

Actions (login required)

View Item View Item