PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF TERHADAP PEMECAHAN MASALAH BARISAN DAN DERET ARITMATIKA SISWA KELAS X DI MAN 2 BANYUWANGI

LAILATUL, MAGHFIROH (2022) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF TERHADAP PEMECAHAN MASALAH BARISAN DAN DERET ARITMATIKA SISWA KELAS X DI MAN 2 BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lailatul Maghfiroh_T20187009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah pada siswa, pada proses pemecahan masalah siswa, tentunya kemampuan berpikir siswa juga sangat berperan dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi, khususnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa, pada era revolusi industri 4.0 kemampuan berpikir siswa harus lebih dikembangkan supaya dapat mengimbangi pesatnya perkembangan pendidikan di era revolusi industri 4.0.
Penelitian ini bertujuan Untuk 1) Mendeskripsikan berpikir kritis, kreatif dan pemecahan masalah siswa kelas X di MAN 2 Banyuwangi. 2) dapat mengetahui kemampuan berpikir kritis terhadap pemecahan masalah barisan dan deret aritmatika kelas X di MAN 2 Banyuwangi. 3) Dapat mengetahui kemampuan berpikir kreatif terhadap pemecahan masalah barisan dan deret aritmatika kelas X di MAN 2 Banyuwangi. 4) Dapat mengetahui kemampuan berpikir kritis dan kreatif terhadap pemecahan masalah barisan dan deret aritmatika kelas X di MAN 2 Banyuwangi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakuan di MAN 2 Banyuwangi. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 429 siswa, kemudian dalam menentukan sampel peneliti menggunakan teknik cluster random sampling, dengan rumus slovin di mana didapatkan sampel sebanyak 82 siswa yang mana meliputi sebanyak tiga kelas yaitu kelas X A, X C, X D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Sedangkan untuk teknik analisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial, pada analisis inferensial peneliti menggunakan uji regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kreatif terhadap pemecahan masalah siswa.
Hasil dalam penelitian ini berdasarkan sampel penelitian yang berjumlah 82 siswa menunjukkan bahwa 1) a. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di MAN 2 Banyuwangi dengan kategori tinggi 48%, sedang 46%, dan rendah 6%, b. Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X di MAN 2 Banyuwangi dengan kategori tinggi 26%, sedang 60%, dan rendah 6%, c. pemecahan masalah siswa kelas X di MAN 2 Banyuwangi dengan kategori tinggi 72%, sedang 26% dan rendah 2%, 2) Ada pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap pemecahan masalah barisan dan deret aritmatika siswa kelas X di MAN 2 Banyuwangi, 3) Ada pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kreatif terhadap pemecahan masalah barisan dan deret aritmatika siswa kelas X di MAN 2 Banyuwangi 4) Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan kreatif secara bersama-sama terhadap pemecahan masalah barisan dan deret aritmatika siswa kelas X di MAN 2 Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs LAILATUL MAGHFIROH
Date Deposited: 10 Jan 2023 09:38
Last Modified: 10 Jan 2023 09:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16751

Actions (login required)

View Item View Item