Analisis Strategi Cross Selling Dari Frontliner Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Menggunakan Jasa Produk Transfer Uang Tunai di Pt Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Jember

Anwar Ismail, Moch (2022) Analisis Strategi Cross Selling Dari Frontliner Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Menggunakan Jasa Produk Transfer Uang Tunai di Pt Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOCH ANWAR ISMAIL_E20171115.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Moch Anwar Ismail, Dr. Khairunnisa Musari, S.T., M.MT. 2022: Analisis Strategi Cross Selling dari Frontliner Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Menggunakan Jasa Produk Transfer Uang Tunai di PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor cabang Jember.

BRI KC Jember merupakan lembaga keuangan yang memiliki produk dan jasa tidak akan dikenal oleh masyaakat tanpa adanya strateg pemasaran. Strategi pemasaran yang dimaksud disini yaitu Cross selling. Perbankan dapat meningkatkan penjualan menggunakan cross selling dengan cara menempatkan dua produk yang cenderung dibeli dalam waktu yang bersamaan seperti contohnya Transfer uang tunai salah satu produk yang ditawarkan dalam PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Jember.
Fokus masalah pada penelitian ini adalah : 1. Bagaimana strategi cross selling dari frontliner dalam meningkatkan minat nasabah menggunakan jasa produk transfer uang tunai di PT Bank BRI Kantor Cabang Jember? 2. Bagaimana peran strategi cross selling dari frontliner dalam meningkatkan minat nasabah menggunakan jasa produk transfer uang tunai di PT Bank BRI Kantor Cabang Jember?
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1. Untuk mengetahui bagaimana strategi cross selling dari frontliner dalam meningkatkan minat nasabah menggunakan jasa produk transfer uang tunai di PT Bank BRI Kantor Cabang Jember. 2. Untuk mengetahui bagaimana peran strategi cross selling dari frontliner dalam meningkatkan minat nasabah menggunakan jasa produk transfer uang tunai di PT Bank BRI Kantor Cabang Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah suatu prosedur dimana peneliti melakukan penelitian dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data. Adapun pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, yaitu mendeskripsikan hasil wawancara serta dokumentasi yang telah diperoleh, dan dianalisis secara kualitatif dan diuraikan dalam bentuk deskriptif.
Adapun hasil penelitian ini yaitu terdapat strategi dalam mengaplikasikan metode cross selling, yang pertama adalah product building, product affinity analysis, next sequential purchase, propensity-to- buy analysis, profitability analysis dan price elasticity modeling and dynamic pricing. Sedangkan peran yang dilakukan oleh frontliner dalam menggunakan metode cross selling yaitu dengan menciptakan suasana yang menyenangkan, memberikan nilai lebih kepada pelanggan, memandang pelanggan sebagai orang penting, memberikan solusi bagi pelanggan serta menjadi teman bagi pelanggan. Sehingga dari hal tersebut, akan terjalin komunikasi yang baik antara frontliner dengan nasabah perihal kebutuhan para nasabah.

Kata Kunci: Strategi cross selling, Jasa Produk Transfer Uang Tunai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Moch Anwar Ismail
Date Deposited: 10 Jan 2023 09:42
Last Modified: 10 Jan 2023 09:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16755

Actions (login required)

View Item View Item