PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN KETIKA BERTRANSAKSI DI APLIKASI SHOPEE PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM

Rozi, Yusnizar fahrul (2022) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN KETIKA BERTRANSAKSI DI APLIKASI SHOPEE PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
YUSNIZAR FAHRUL ROZI_S20182162.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perlindungan konsumen dalam penelitian ini ialah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen. Perlindungan terhadap konsumen dipandang secara materiil dan formil, makin terasa sangat penting mengingat makin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi yang merupakan motor penggerak bagi produktivitas dan efisiensi produsen atas barang atau jasa yang dihasilkannya dalam rangka mencapai sasaran usaha. Dalam rangka mengejar dan mencapai kedua hal tersebut, akhirnya baik langsung atau tidak langsung, maka konsumenlah yang pada umumnya merasakan dampaknya.

Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. bagaimana transaksi di aplikasi Shopee ? 2. bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen ketika bertransaksi di aplikasi Shopee perspektif Hukum Positif ? 3. bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen ketika bertransaksi di aplikasi Shopee perspektif Hukum Islam ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan cara bertransaksi di aplikasi Shopee, 2. Untuk mendeskripsikan Hukum Positif melindungi Konsumen ketika melakukan transaksi di aplikasi Shopee, 3. Untuk mendeskripsikan Hukum Islam melindungi Konsumen ketika melakukan transaksi di aplikasi Shopee.

Penelitian ini berjenis library research (studi kepustakaan) yang menggunakan pendekatan undang-undang dan pendekatan konsep serta menganalisis data dengan metode normatif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu studi dokumen dengan mengkaji data skunder.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. cara bertransaksi di aplikasi Shopee diantaranya, konsumen melakukan pemilihan barang dengan mencari di search engine, selanjutnya konsumen melakukan negosiasi dengan penjual, kemudian konsumen dan penjual melakukan kesepakatan yang merujuk pada transaksi jual beli, terakhir pihak penjual mengirim barang sesuai kesepakatan yang telah disepakati. 2. Perlindungan Konsumen dalam transaksi di aplikasi Shopee menurut Hukum Positif ialah terdapat pada Undang-Undang No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Yang diatur dalan pasal 4 mengenai Hak Konsumen untuk mengoptimalkan pelayanan dan pasal 19 mengenai Hak Konsumen untuk menuntut Ganti Rugi. Dan juga terdapat pada Undang-Undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Yang diatur pasal 18 mengenai ketentuan-ketentuan dalam transaksi elektronik. Yaitu : “Transaksi elektronik yang dituangkan ke dalam kontrak elektronik mengikat para pihak”. 3. Perlindungan Konsumen dalam transaksi di aplikasi Shopee menurut Hukum Islam dapat Terlaksana apabila dalam transaksi tersebut tidak mengandung unsur-unsur MAGHRIB (Maisir, Gharar, Haram, Riba).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180125 Taxation Law
Depositing User: Yusnizar Fahrul Rozi
Date Deposited: 11 Jan 2023 00:05
Last Modified: 11 Jan 2023 00:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16757

Actions (login required)

View Item View Item