Analisis risiko operasional pada UD Tatzaka Batik Banyuwangi

Zahra, Fatimatus (2023) Analisis risiko operasional pada UD Tatzaka Batik Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri K.H Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fatimatus Zahra.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fatimatus Zahra, Dr. Retna Anggitaningsih, S.E., M.M. 2022: Analisis Risiko Operasional Pada UD Tatzaka Batik Banyuwangi.
Kata Kunci: Analisis, Risiko Operasional
Risiko operasional merupakan risiko yang umumnya bersumber dari masalah internal perusahaan, dimana risiko ini terjadi disebabkan oleh lemahnya sistem kontrol perusahaan (Management Control System) yang dilakukan oleh pihak internal perusahaan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Apa saja risiko operasional UD Tatzaka Batik Banyuwangi? 2) Bagaimana dampak risiko operasional terhadap UD Tatzaka Batik Banyuwangi? 3) Bagaimana implikasi strategi diversifikasi produk dalam mengurangi kerugian dari risiko operasional pada UD Tatzaka Batik Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui risiko operasional UD Tatzaka Batik Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui dampak risiko operasional terhadap UD Tatzaka Batik Banyuwangi. 3) Untuk Mengetahui implikasi strategi diversifikasi produk dalam mengurangi kerugian dari risiko operasional pada UD Tatzaka Batik Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan data tertulis atau lisan dari obyek yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi (kesimpulan). Keabsahan data, peneliti menggunakan triangulagi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1). Risiko operasional UD Tatzaka Batik Banyuwangi ada 2 yaitu risiko internal yang disebabkan oleh adanya kelalaian karyawan dan risiko eksternal yang disebabkan oleh adanya perubahan cuaca (Hujan). 2) Dampak dari risiko operasional pada UD Tatzaka Batik Banyuwangi adalah kerugian yang diakibatkan oleh adanya risiko internal dan risiko eksternal UD Tatzaka Batik Banyuwangi. Risiko Internal yang disebabkan oleh adanya kelalaian karyawan dalam bekerja memberikan dampak bagi UD Tatzaka Batik banyuwangi yaitu adanya ukuran kain yang tidak sesuai dengan ketentuan UD Tatzaka Batik banyuwangi dan adanya kerusakan (robek) pada produk batik yang telah diproduksi. Risiko eksternal UD Tatzaka Batik banyuwangi berasal dari adanya perubahan cuaca (Hujan) yang mengakibatkan lunturnya malam dan warna yang ada pada kain batik. 3) Strategi diversifikasi produk memberikan implikasi positif bagi UD Tatzaka Batik Banyuwangi. Dengan adanya strategi diversifikasi produk, kerugian yang diakibatkan oleh adanya risiko operasional berkurang. Strategi diversifikasi produk juga memberikan sumber pendapatan baru bagi UD Tatzaka Batik Banyuwangi sehingga UD Tatzaka Batik Banyuwangi mengalami peningkatan penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fatimatus Zahra
Date Deposited: 11 Jan 2023 00:08
Last Modified: 11 Jan 2023 00:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16762

Actions (login required)

View Item View Item