POLA KOMUNIKASI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA DI MA PONDOK PESANTREN RAUDLATUL JANNAH DESA TEGALREJO KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER

Suhro, Sheila Halimatus (2023) POLA KOMUNIKASI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA DI MA PONDOK PESANTREN RAUDLATUL JANNAH DESA TEGALREJO KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Sheila Halimatus Suhro_D20181040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manusia membutuhkan komunikasi sebagai satu bagian yang berperan penting, sebab komunikasi telah hampir memenuhi sebagian besar hidup manusia guna menjalankan kehidupan. Pertukaran informasi antar manusia satu dengan lainnya disebabkan oleh peran komunikasi guna menjalin interaksi dalam sehari-hari sehingga manusia dapat memiliki tujuan yang jelas dengan informasi yang diperoleh. Pelaksanaan pembelajaran dalam lembaga pendidikan juga tidak lepas dari peran komunikasi. Berbeda dari komunikasi yang digunakan kebanyakan yang dilakukan tanpa membutuhkan metode dan pola, komunikasi dalam pendidikan harus mempunyai kejelasan pola dan tidak asal-asalan serta menerapkan metode yang baik dan benar.
Permasalahan yang diangkat pada penelitian dalam skripsi ini yaitu 1) Bagaimana pola komunikasi yang digunakan guru akidah akhlak dalam pembinaan moral siswa MA Pondok Pesantren Raudlatul Jannah? 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembinaan moral siswa MA Pondok Pesantren Raudlatul Jannah?. Sementara tujuan pada penelitian ini sesuai permasalahan yaitu 1) Untuk mendeskripsikan pola komunikasi guru akidah akhlak dalam pembinaan moral siswa MA Pondok Pesantren Raudlatul Jannah, 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan hambatan yang ditemui guru dalam pembinaan moral siswa MA Pondok Pesantren Raudlatul Jannah juga yang berkaitan dengan masalah pola komunikasi yang digunakannya.
Metode penelitian yang bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif pada penelitian ini, serta informan yang telah ditentukan, yaitu kepala sekolah, guru akidah akhlak, biro kepesantrenan dan siswa. Peneliti mengumpulkan dan memperoleh data menggunakan teknik, yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian yang dilakukan telah memperoleh hasil yaitu berbagai pola komunikasi dilakukan oleh guru akidah akhlak dan moral, diantaranya pola komunikasi satu arah, pola komunikasi dua arah dan pola komunikasi banyak arah berperan penting untuk membina moral dan etika siswa melalui pesan yang disampaikan tersebut. Hal ini didukung dengan adanya faktor komitmen serta visi utama dan peraturan tertulis atau tata tertib pada MA Pondok Pesantren Raudlatul Jannah. Sementara penghambat pelaksanaan penerapan pola komunikasi, antara lain waktu, teknologi yang memadai dan maju, serta tidak adanya latar belakang pendidikan pesantren. Pemikiran dan cara siswa bersikap berbeda dengan apa yang diajarkan menjadi fenomena yang banyak dijumpai di sekolah. Pada MA Raudlatul Jannah, penerapan pola komunikasi dalam membina akhlak telah berjalan dan terwujud dengan sangat baik dibuktikan dengan penerapan akhlak dalam lingkungan sekolah oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Sheila Halimatus Suhro Sheila
Date Deposited: 11 Jan 2023 00:22
Last Modified: 11 Jan 2023 00:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16770

Actions (login required)

View Item View Item